Pengoplos elpiji terancam penjara dan denda Rp60 miliar

id cianjur,polres cianjur, oplos elpiji,gas bersubsidi,gas 3 kilogram

Pengoplos elpiji terancam penjara dan denda Rp60 miliar

Kapolres Cianjur, Jawa Barat, AKBP Aszhari Kurniawan. ANTARA/Ahmad Fikri.

Cianjur (ANTARA) - Kepolisian Resort Cianjur, Jawa Barat menangkap dua orang tersangka pengoplos elpiji 3 kilogram ke tabung 12 kilogram yang terancam hukuman enam tahun penjara dan denda Rp60 miliar.

Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan di Cianjur Rabu, mengatakan kedua pelaku yakni berinisial BM dan RS ini merupakan warga Kampung Cipadang, Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber. Mereka memindahkan isi dari tabung gas bersubsidi ke tabung non subsidi 12 kilogram, dan  mengambil keuntungan Rp50 ribu per tabung.

"Keduanya jelas melanggar UU RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi sebagaimana diubah dalam UU RI Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 2 Tahun 2023 Tentang Cipta Kerja Menjadi UU dan Pasal 55 Ayat 1 KUHPidana," katanya.

Dimana tersangka akan dijerat dengan hukuman enam tahun penjara dan denda Rp60 miliar atas perbuatannya menghilangkan barang bersubsidi untuk meraup keuntungan dengan menyuntik, mengoplos atau memindahkan gas dari tabung elpiji subsidi 3 kg ke tabung Bright 12 kg.