KPU Palembang siapkan jalur khusus buat penyandang disabiltas di TPS

id sumsel,palembang,hak pilih disabiltas,pemilu 2024,kpu palembang

KPU Palembang siapkan jalur khusus buat penyandang disabiltas di TPS

Ketua KPU Palembang Syawaludin saat diwawancarai di Palembang, Selasa (2/1/2024). ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri.

Palembang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Sumatera Selatan menyiapkan jalur khusus bagi penyandang disabilitas di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Ketua KPU Palembang Syawaludin saat diwawancarai di Palembang, Selasa, mengatakan jalur tersebut memudahkan para penyandang disabilitas fisik yang menggunakan alat bantu seperti kursi roda dalam melakukan pencoblosan.

“Kami sudah menginstruksikan kepada seluruh petugas TPS agar menyiapkan jalur tersebut. Sehingga jalur ini dapat memudahkan teman-teman penyandang disabilitas dalam melakukan pencoblosan,” katanya.

Kemudian, pihaknya juga menyiapkan alat bantu pilih untuk para penyandang disabilitas netra yang memudahkan mereka saat melakukan pencoblosan di TPS.

Selain itu, KPU Palembang tidak menyiapkan petugas khusus bagi para penyandang disabilitas. Namun, apabila pemilih disabilitas itu membutuhkan seseorang pendamping pada saat pencoblosan.

“Kami tidak menyiapkan petugas khusus untuk penyandang disabilitas. Akan tetapi, para teman disabilitas dapat mengajukan surat ke petugas apabila membutuhkan seorang pendamping pada saat pencoblosan,” jelasnya.

Dengan sarana dan prasarana telah disiapkan yang memudahkan mereka dalam melakukan pencoblosan, dengan begitu mereka tidak kehilangan hak pilihnya pada pesta demokrasi tersebut, kata Syawaludin.

Berdasarkan Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kota Palembang, ada 1.225.548 pemilih yang terdiri atas 600.089 pemilih laki-laki dan 625.459 pemilih perempuan.

Jumlah pemilih tersebut menyebar pada 4.777 TPS di 18 kecamatan Kota Palembang. Dari jumlah data tersebut, terdapat 4.105 pemilih dengan disabilitas dari enam kategori yakni disabilitas fisik sebanyak 1.848 pemilih, disabiltas intelektual sebanyak 198 pemilih, disabilitas mental sebanyak 537 pemilih, disabilitas sensorik wicara sebanyak 537 pemilih, disabilitas sensorik rungu sebanyak 109 pemilih, dan sensorik netra sebanyak 375 pemilih.