Kemenkes: Kesehatan mata berpengaruh terhadap produktivitas masyarakat

id Kesehatan Mata,Kemenkes,hari penglihatan sedunia,berita sumsel, berita palembang

Kemenkes: Kesehatan mata berpengaruh terhadap produktivitas masyarakat

Ilustrasi: Petugas medis memeriksa kesehatan mata siswa di SMAN 5, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (18/9/2023). . (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/rwa.)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Eva Susanti mengatakan kesehatan mata berpengaruh terhadap kualitas individu dan produktivitas masyarakat.

"Kesehatan mata sangat berpengaruh terhadap kualitas individu dan produktivitas masyarakat," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Eva menyatakan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam mencegah gangguan penglihatan akan menjaga masyarakat tetap produktif dalam beraktivitas.

"Terutama bagi pekerja kantoran yang dalam keseharian terbiasa bekerja menatap layar dalam jangka waktu yang lama, sehingga intervensi sedini mungkin harus dilakukan," tambahnya.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2023, kata dia, menunjukkan jumlah penduduk Indonesia yang bekerja mencapai 138,63 juta orang. Artinya, sekitar separuh penduduk Indonesia memiliki risiko terhadap gangguan penglihatan di tempat kerja, baik sektor formal maupun informal.

Eva menilai upaya edukasi harus dilakukan secara masif, bersamaan dengan dukungan para pemangku kepentingan di tempat kerja, melalui adanya deteksi dini gangguan penglihatan bagi para pekerja yang bertujuan untuk meminimalisir faktor risiko terjadinya gangguan mata.