Program mina padi, antarkan kilang Pertamina Plaju raih penghargaan Gold di Ajang E2S Proving League 2023

id pertamina plaju, produksi pertanian,mina padi

Program mina padi, antarkan kilang Pertamina Plaju raih penghargaan Gold di Ajang E2S Proving League 2023

Komitmen PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dalam pemberdayaan masyarakat dalam bingkai Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) diikuti dengan semangat inovasi yang tinggi. (ANTARA/HO/Ist)

Palembang, Sumsel (ANTARA) - Komitmen PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) dalam pemberdayaan masyarakat dalam bingkai Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) diikuti dengan semangat inovasi yang tinggi.

Seperti yang dilakukan dua tahun terakhir di kawasan pertanian Dusun Talang Andong, Desa Sungai Rebo, Kecamatan Banyuasin I, yang letaknya tak jauh dari area operasional kilang Sungai Gerong.

Di dusun ini pada awalnya, terdapat beberapa masalah pertanian yang menyebabkan sulitnya masyarakat menikmati jerih payah hasil tani, misalnya keadaan geografisnya yang didominasi lahan rawa ditambah ketergantungan pada iklim, sehingga panen padi hanya bisa dilakukan satu tahun sekali.

Tapi, selalu ada celah untuk ditemukan potensi. Kilang Pertamina Plaju lalu memandang adanya kelembagaan kelompok tani yang aktif serta luasnya lahan pertanian disana sebagai potensi yang bisa dikembangkan.

Setelah serangkaian pemetaan potensi dan permasalahan kawasan pada 2021 lalu, dilakukanlah diskusi, sosialisasi serta penguatan kelompok tani, yang dilanjutkan dengan edukasi pelaksanaan program Mina Padi.

Integrasikan Pertanian, Perikanan dan Peternakan

Pada 2022, pembangunan demplot mina padi pun dilakukan, diiringi dengan pelatihan pertanian sistem tumpang sari, penanaman padi terapung, pembuatan kolam pembesaran ikan, pembangunan kandang itik petelur, serta dibangun juga rumah pembibitan (nursery), rumah kompos hingga instalasi hidroponik.

Sehingga, program Mina Padi di Sungai Rebo binaan Kilang Pertamina Plaju terbentuk sebagai sebuah ekosistem pertanian dan perikanan yang terintegrasi.

Perjalanan dilanjutkan di 2023, dimana telah dilakukan pelatihan pengolahan hasil produksi pertanian, seperti pakcoy dari hidroponik yang diolah dalam bentuk produk turunan atas kreativitas petani. Selain itu juga dilakukan pembudidayaan ikan patin dan ikan nila, penambahan luasan demplot mina padi, serta optimalisasi produksi peternakan dan instalasi hidroponik.

Dampak Mulai Tampak

Setelah berbagai usaha tersebut dilakukan, dampak yang dinantikan pun akhirnya mulai tampak, dimana saat ini, lewat satu demplot mina padi dengan luasan 20 m x 35 m, produksi padi petani di kelompok Bina Tani Berkah tercatat mengalami peningkatan produksi.

Pada instalasi hidroponik, kini juga sudah terdapat 360  lubang yang berisi tanaman pakcoy. Sementara untuk aktivitas peternakan, kini juga sudah tersedia kandang bebek berisi 59 ekor bebek ikan, dan adanya kolam ikan berisi 1.000 benih ikan patin dan nila.

Pendapatan kelompok Bina Tani Berkah juga tercatat mengalami peningkatan, dimana hasil panen pakcoy dalam bentuk sayur segar serta dalam bentuk keripik, ditambah hasil panen telur bebek yang juga diolah dalam produk telor asin, serta produk turunan ikan dalam bentuk abon, telah mendatangkan keuntungan finansial di atas 10 juta rupiah, yang berpotensi terus mengalami peningkatan seiring dengan peningkatan operasional serta perluasan pasar.