Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumsel Kurnati Abdullah tutup usia

id sumsel,palembang,ketua dewan kehormatan pwi sumsel,kurnati,pwi sumsel

Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumsel Kurnati Abdullah tutup usia

Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatra Selatan H Kurnati Abdullah tutup usia (Antara/HO-ist)

Palembang (ANTARA) - Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatra Selatan H Kurnati Abdullah  meninggal dunia pada usia 78 tahun, Selasa (13/6) malam karena sakit.

Kabar meninggal dunianya Kurnati Abdullah tersebut dibenarkan oleh Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar saat dikonfirmasi di Palembang, Rabu.

"Beliau meninggal dunia pada Selasa malam sekitar pukul 21.05 WIB di Rumah Sakit Siti Fatimah Kota Palembang, Sumsel karena sakit," kata dia.

Ia mengatakan berdasarkan informasi dari keluarganya, dalam beberapa bulan terakhir, Kurnati telah menderita sakit dan sering masuk rumah sakit untuk menjalani pengobatan.

”Saat ini almarhum sudah dikebumikan di TPU Kamboja Palembang, Rabu, setelah waktu dzuhur tadi,” terangnya..

Firdaus mengatakan Kurnati menjadi wartawan dari tahun 1960-an dan ia juga pernah menjabat sebagai Ketua PWI Sumsel selama dua periode, yakni pada tahun 1999 hingga 2009, dan masih aktif sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumsel hingga saat ini.

”Saya mengenal beliau adalah sosok yang berani dalam mengkritik terkait dengan pemberitaan,” kata dia.

Selain itu, beliau aktif dalam berbagai organisasi olahraga seperti Percasi, PBSI, dan pernah menjadi Kabid Humas KONI Sumsel.

Berkat ketekunan dan prestasinya di dunia pers, Kurnati atau akrab disapa Pak Kur pernah meraih penghargaan Wartawan Number One (PCNO) pada peringatan Hari Pers Nasional 2020.*