Kabupaten OKU Selatan bangun pemancar relay TVRI di Muaradua

id Pemancar TVRI, siaran digital, informasi digital, hibah lahan, Pemkab OKU Selatan

Kabupaten OKU Selatan bangun pemancar relay TVRI di Muaradua

Pemkab OKU Selatan membangun pemancar Relay TVRI di Muaradua, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Muaradua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatra Selatan membangun pemancar Stasiun TVRI Relay di Kecamatan Muaradua guna meningkatkan pelayanan TV digital bagi masyarakat daerah itu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten OKU Selatan, Firman Bastari di Muaradua, Minggu mengatakan, tower ini berdiri di atas lahan seluas 3.000 meter persegi yang dihibahkan oleh pemerintah daerah setempat.

Tower yang dibangun sejak 2022 ini memiliki ketinggian mencapai 75 meter dengan kekuatan pemancar 2.000 Watt dan direncanakan dapat beroperasi pada tahun 2023 ini.

Pemancar ini akan memancarkan siaran TVRI Sumsel dan stasiun TV lokal lainnya meskipun dengan sistem digitalisasi.

"Tidak hanya siaran TVRI, dengan sistem multipleksing, kanal digital juga bisa dimanfaatkan untuk sejumlah frekuensi atau beberapa stasiun televisi lainnya," ujarnya.

Dengan adanya tower ini, masyarakat diharapkan dapat menikmati siaran televisi digital sekaligus penyebaran informasi yang bermanfaat hingga pelosok desa.

"Dengan adanya Stasiun TVRI Relay diharapkan nantinya dapat memperkenalkan lebih luas tentang potensi budaya dan pariwisata yang ada di Kabupaten OKU Selatan," ujarnya.

Ia pun berharap dengan adanya Pemancar Digital dì Kabupaten OKU Selatan ini bisa menyebarluaskan berbagai informasi yang bermanfaat dari pemerintah pusat maupun daerah kepada masyarakat luas.

"Khususnya informasi mengenai pembangunan, sosial, budaya hingga sektor pariwisata sehingga bisa dikenal masyarakat luas hingga ke luar daerah," ujarnya.