PT Taspen dorong kesejahteraan ASN

id sumsel,palembang,kesejahteraan asn,program taspen,csr,Taspen dorong kesejahteraan,Taspen dorong kesejahteraan ASN

PT Taspen dorong  kesejahteraan ASN

Ilustrasi - kegiatan PT TASPEN (ANTARA/HO-Istimewa)

Palembang (ANTARA) - PT Taspen (Persero) terus mendorong kesejahteraan para Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui program yang dimilikinya.

Manager PT Taspen (Persero) Cabang Palembang Endang Lestariningsih di Palembang, Selasa, mengatakan, perusahaannya memiliki beragam program yang bisa dimanfaatkan seperti program Taspen Dwiguna Sejahtera, Taspen Smart Save, Taspen Save, Taspen Proteksi Beasiswa, serta produk-produk investasi sekaligus proteksi asuransi jiwa.

“Program-program ini untuk meningkatkan kesejahteraan para peserta Taspen,’’ katanya.

Taspen juga meluncurkan program rumah murah bagi ASN aktif. Program ini bekerja sama dengan beberapa lembaga lainnya seperti Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pemerintah daerah, Korpri, BP Tapera, Taspen Properti, Bank Mandiri Taspen dan lainnya.

“Hal ini kami lakukan semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan PNS di masa purna tugas maupun PPPK pada saat berakhir masa kontrak," ujarnya menjelaskan.

Peningkatan manfaat bagi ASN yang purna dan masih aktif dikuatkan melalui surat dari kemendagri, yakni surat per tanggal 31 Mei 2022 nomor : 842.1/2943/ SJ yang ditujukan kepada seluruh gubernur, bupati, dan wali kota seluruh Indonesia.

Selain itu, Taspen juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat secara umum. Tepatnya melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) baik ASN maupun masyarakat umum yang ingin membuka usaha atau memperluas usahanya, dapat memanfaatkan pinjaman modal usaha dengan bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan bunga bank.

“Taspen juga memberikan bantuan pembangunan atau renovasi tempat ibadah, renovasi rumah warga yang tergolong ekonomi menengah ke bawah, santunan anak yatim, serta program sosial lainnya," ujarnya.

Untuk optimalisasi pelayanan dan kesejahteraan kepada peserta, Taspen telah melakukan perjanjian kerja sama dengan mitra bayar/perbankan dalam hal pembayaran Tabungan hari tua (THT), Pensiun, Jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) melalui digitalisasi layanan.

"Dengan harapan peserta bisa mengambil uang pensiun dari manapun tidak harus datang ke kantor membayar setelah melakukan autentikasi," ucapnya.

Taspen senantiasa melakukan evaluasi terhadap pelayanan dan pertanggungjawaban pembayaran pensiun, katanya.