Stasiun Baturaja siapkan 834 tiket mudik lebaran

id Tiket kerta api, Stasiun Baturaja, mudik lebaran, protokol kesehatan, syarat vaksin

Stasiun Baturaja siapkan 834 tiket mudik lebaran

Kepala Stasiun KA Baturaja, Abdullah. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Stasiun Kereta Api (KA) Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyiapkan sebanyak 834 tiket mudik lebaran yang sudah dapat dipesan mulai H-45 sebelum keberangkatan.

"Rata-rata tiket yang disiapkan setiap hari pada masa angkutan mudik lebaran tahun ini sebanyak 834 tiket dengan rincian 530 untuk Kereta Ekspres Rajabasa dan 304 Kuala Stabas," kata Kepala Stasiun KA Baturaja, Kabupaten OKU, Abdullah di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan, untuk penjualan tiket angkutan mudik lebaran tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan kebijakan menjual tiket mulai H-45 sebelum keberangkatan atau dapat dipesan per 26 Februari 2023.

Kondisi tersebut berbeda pada hari normal yaitu KAI menerapkan kebijakan untuk penjualan tiket KA jarak jauh mulai H-30 atau satu bulan sebelum keberangkatan.

Pemesanan tiket untuk KA Ekpres Rajabasa dengan rute Baturaja-Kertapati maupun Baturaja-Tanjung Karang dan Kuala Stabas tujuan Tanjung Karang dapat dilakukan calon penumpang melalui aplikasi KAI Access, Gerai Ritel Indomaret serta seluruh mitra resmi KAI.

Dalam masa angkutan mudik lebaran tahun ini PT KAI tetap menerapkan aturan bagi seluruh calon penumpang yaitu sudah mendapat vaksin minimal dosis penguat (booster) untuk dewasa dan vaksin primer dosis kedua untuk anak usia 6-17 tahun.

Sedangkan, bagi pelanggan berusia di bawah enam tahun tidak wajib divaksin, namun harus ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

"Syarat pemberian vaksin tersebut menjadi mutlak karena surat keterangan rapid tes saat ini sudah tidak berlaku lagi," tegasnya.

Selain itu, protokol kesehatan (prokes) pun tetap diterapkan yaitu calon penumpang wajib memakai masker dan mencuci tangan ketika berada di area stasiun dan selama di dalam perjalanan kereta api.

Untuk membantu pelanggan menerapkan protokol kesehatan, PT KAI membagikan healthy kit kepada para pelanggan Kereta Api Jarak Jauh yang berisikan masker dan tisu basah secara gratis.

"Jika ada pelanggan yang kedapatan tidak mengenakan masker dengan baik, maka petugas kami akan menegur yang bersangkutan supaya mematuhi prokes tersebut," ujarnya.