Wakil Ketua MPR: Komponen bangsa bersatu bantu tenaga medis tangani COVID-19

id MPR RI,COVID-19,hidayat nur wahid

Wakil Ketua MPR: Komponen bangsa bersatu bantu tenaga medis tangani COVID-19

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) meminta kepada seluruh komponen bangsa untuk bersatu, berempati, dan bahu membahu membantu para tenaga medis saat ini menjadi garda terdepan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia.

Dia menilai ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu para tenaga medis salah satunya adalah agar pemerintah dalam merealokasi anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp62 triliun sebagaimana dinyatakan oleh Menteri Keuangan.

"Selain untuk pembelian obat-obatan dan pelayanan kesehatan warga, juga untuk memenuhi hak-hak para tenaga medis di lapangan dengan alat pelindung diri (APD) untuk para tenaga medis," kata HNW dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu.

Dia menilai APD adalah hak tenaga medis yang harus dipenuhi, juga jaminan kesehatan dan insentif yang lebih manusiawi merupakan hak-hak lain yang harus diterima tenaga medis.

HNW mengatakan sejumlah kelompok masyarakat, organisasi maupun partai politik bisa juga membantu para tenaga medis tersebut secara langsung, misalnya solidaritas langsung dengan memberikan bantuan masker N95, sanitizer, alkohol 70 persen dan sebagainya untuk para tenaga medis di rumah sakit.

"Hal itu sudah dicontohkan para anggota legislatif perempuan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) yang menyampaikan bantuan tersebut langsung ke Rumah Sakit Persahabatan pada Sabtu (21/3). Langkah tersebut patut dicontoh oleh semua pihak," ujarnya pula.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu mengingatkan ada pula cara yang paling mudah untuk membantu para tenaga medis tersebut, yaitu untuk tetap mengisolasi diri di rumah sesuai dengan imbauan pemerintah, dan melakukan berbagai kegiatan yang sehat dan produktif dari rumah.

Menurut dia, saat kita melakukan kegiatan dan menjaga kesehatan dengan mengarantina diri di rumah, dengan itu maka kita telah memotong mata rantai penyebaran COVID-19.

"Dengan menjadi sehat seperti itu, juga membantu para tenaga medis yang berjuang untuk kesehatan warga dari COVID-19," katanya lagi.

HNW mengatakan saatnya seluruh komponen bangsa bersatu dan bahu membahu menghadapi COVID-19 yang meneror warga dunia, dan semakin mewabah di Indonesia.

Selain itu, menurut dia, memberikan simpati, doa dan dukungan yang maksimal kepada para tenaga medis, agar mereka tetap dan selalu sehat serta bersemangat untuk merawat dan membantu penyembuhan pasien COVID-19.

Selain itu, HNW juga mengaku sangat prihatin dengan wafatnya beberapa tenaga medis seperti dokter dan perawat serta jatuhnya korban yang melonjak dari kalangan WNI, terkait dengan wabah COVID-19.
Pewarta :
Editor: Dolly Rosana
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar