PHRI Sumsel manfaatkan mitra luar negeri tingkatkan kunjungan wisman

id phri, phri sumsel, kunjunganw isman, wisatawan, wisatawan asing,kunjungan wisatawan

PHRI Sumsel  manfaatkan mitra luar negeri tingkatkan kunjungan wisman

Ketua PHRI Sumsel, Herlan Aspiudin. (ANTARA/Yudi Abdullah/19)

Palembang (ANTARA) - Pengurus Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan berupaya memanfaatkan mitra di luar negeri untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

"Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, terutama wisman, ke provinsi ini, pengelola hotel dan restoran yang ada di luar negeri diminta membantu mempromosikan potensi wisata unggulan," kata Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin di Palembang, Jumat.

Masing-masing daerah mempunyai potensi wisata unggulan, baik wisata alam, budaya, sejarah maupun kuliner, yang bisa menjadi daya tarik untuk dikunjungi wisatawan Nusantara dan mancanegara.

Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan ke depan bisnis perhotelan dan restoran semakin cerah, serta semakin banyak investor tertarik mengembangkan sektor kepariwisataan di provinsi itu.

Selain dapat menggairahkan bisnis hotel dan restoran, kata Herln, upaya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asing dilakukan untuk mendukung program pemerintah meningkatkan pendapatan asli daerah, dan pendapatan negara/devisa dari sektor pariwisata.

Berdasarkan data yang dihimpun dari pengelola hotel dan restoran anggota PHRI Sumsel, katanya, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu rata-rata setiap bulannya 600-1.000 orang.

Menurut dia, wisatawan asing yang cukup banyak berkunjung ke daerah itu dalam beberapa bulan terakhir, di antaranya berasal dari Malaysia dan Singapura.