Dinas Kebersihan OKU tebangi pohon pinggir jalan

id pohon, tebangi pohon

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Petugas Dinas Kebersihan dan Keindahan Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan menebang pohon raksasa di pinggir jalan untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas akibat patahnya ranting kayu dari pohon-pohon besar tersebut.

Kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan Ogan Komering Ulu (OKU), Drs Slamet Riyadi di dampingi Kabid Keindahan, Sunarto di Baturaja, Minggu mengatakan bahwa pemangkasan pohon besar di sepanjang Jalan Ahmad Yani Kecamatan Baturaja Timur tersebut memang program kegiatan dilakukan secara rutin agar batang dan tanaman tumbuh itu terlihat lebih rapi dan bersih.

"Pemangkasan tersebut bertujuan selain untuk merapikan daun-daun serta dahan kayu yang terlihat semerawut, juga agar menghindari terjadinya hal-hal tidak diinginkan misalkan ranting patah ke badan jalan," kata Slamet.

Sementara, Kabid Keindahan Dinas Kebersihan dan Keindahan OKU Sunarto menambahkan, untuk saat ini pihaknya akan merapikan semua batang tumbuh dan tanaman pohon di sepanjang Jalan Ahmad Yani hingga ke pertigaan Jalan Ir Soekarno atau pertigaan Unbara.

"Pemangkasan ini telah kita lakukan sejak tiga hari lalu, dimana nantinya akan kita lanjutkan di beberapa ruas jalan lainnya," katanya.

Menurut Sunarto, selain melakukan pemangkasan dahan pohon, pihaknya bersama bidang kebersihan juga turut melakukan pembersihan sampah-sampah yang berada di dalam selokan, karena tidak sempat terangkut oleh petugas kebersihan.

"Tidak hanya melakukan pemangkasan dahan pohon, tapi juga bersam bidang kebersihan membuang sampah-sampah serta memotong rumput yang tumbuh di pinggiran badan jalan," ujarnya.