Timur Pradopo serahkan tugas Kapolri ke Sutarman

id sutarman, timur pradopo, tugas kapolri diserahkan ke sutarman

Timur Pradopo serahkan tugas Kapolri ke Sutarman

Kapolri Komjen Pol Sutarman (FOTO ANTARA)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo menyerahkan tugas dan program kerja kepada Kapolri baru Komisaris Jenderal (Pol) Sutarman untuk dilanjutkan pada masa kepemimpinannya.

"Intinya, saya memberikan hal-hal yang harus dipertanggungjawabkan kepada pejabat baru," katanya usai penyampaian memori serah terima jabatan Kapolri di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Senin.

Timur menjelaskan dirinya juga secara formal sudah membuat laporan terkait program kerja dan tugas baik yang sudah maupun yang belum diselesaikan.

"Pak Tarman (Komjen Pol Sutarman) juga bagian dari pelaksana tugas yang saya laporkan tadi, sehingga bisa langsung nyambung, lebih gampang dan lebih akselerasi, sehingga langsung bisa melanjutkan apa yang telah dilaksanakan dan yang belum dilaksanakan," katanya.

Dia mengatakan salah satu tugas yang belum terselesaikan, yakni pengungkapan kasus penembakan terhadap personel kepolisian.

Namun, dia menampik adanya perbedaan persepsi antara elit Polri terkait penanganan terorisme yang dinilai kurang responsif.

"Saya kira tidak ada. Apa yang sudah dilakukan dalam bentuk perencanaan, kemudian dilakukan oleh satuan-satuan secara riil," katanya.  

Terkait anggapan keberhasilan Polri dalam mengungkap berbagai kasus dalam masa kepemimpinannya, Timur mengaku masih banyak yang belum diselesaikan.

Namun, ia mengaku optimistis penggantinya, yakni Komjen Pol Sutarman bisa melaksanakan berbagai tugas yang belum dilaksanakan pada masa kepemimpinanya.

"Siapapun yang ditunjuk, kita harus optimistis, kalau tidak optimistis ya... gimana," katanya.

Komjen Pol Sutarman resmi dilantik sebagai Kapolri menggantikan Jenderal (Pol) Timur Pradopo oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Kepresidenan pada Jumat (25/10) lalu.

Pada Selasa (29/10) mendatang, akan dilakukan serah terima jabatan (Sertijab)Kapolri dari Jenderal (Pol) Timur Pradopo kepada Komjen Pol Sutarman di Mako Brimob, Kepala Dua, Depok, Jawa Barat.

Mantan Kabareskrim Mabes Polri tersebut merupakan satu-satunya calon Kapolri yang diajukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke DPR.