Pemkab Banyuasin gagas kelas khusus bea siswa sekolah pertanian

id pertanian, bea siswa, kelas khusus, sumsel,banyuasin

Pemkab Banyuasin gagas kelas  khusus bea siswa sekolah pertanian

Wakil Bupati Banyuasin, Sumsel, H Slamet Somosentono sedang meninjau gerai pameran produk hasil pertanian di SMK SPP Sembawa Banyuasin, Jumat (23/6/2023). (FOTO ANTARA/HO/Diskominfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan mengggas program kelas khusus beasiswa sekolah pertanian untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian di daerah itu.

"Pemkab Banyuasin mendukung penuh sektor pertanian melalui Program Banyuasin Cerdas dan Petani Bangkit, juga pelatihan dan peningkatan skill petani. Oleh sebab itu diadakan kelas khusus beasiswa bagi pelajar Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) Sembawa serta akan terus meningkatkan sektor pertanian," kata Wakil Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono di Banyuasin, Jumat.

Ia menyebutkan, lulusan SMK SPP, termasuk SMK SPP Sembawa di Banyuasin mampu ikut andil besar dalam pembangunan SDM dan produktivitas sektor pertanian di Indonesia.

"Generasi muda jangan malu untuk bertani atau bercocok tanam. Selain bertani, para lulusan juga bisa menjadi entrepreneur di bidang ini,' katanya.

Wabup Banyuasin itu menyebutkan peran besar sektor pertanian pada masa pandemi COVID-19 yang melanda dunia awal 2020-an. Di Indonesia sektor pertanian menunjukkan kestabilan dan hasil pertanian menjadi meningkat selama pandemi.

"Hal ini sebagai bukti bahwa menjadi petani itu keren dan memiliki peran yang besar di negara kita," katanya.

Di Kabupaten Banyuasin, kata  Slamet Somosentono, SMK SPP Sembawa di Jalan Palembang - Pangkalan Balai Sembawa merupakan sekolah bidang pertanian yang pada tahun ajaran 2022-2023 ini 150 siswanya lulus dan dinyatakan kompeten.