Sumsel dorong Dekranasda tingkatkan kesejahteraan pelaku UMKM

id Pemprov Sumsel, umkm, Dekranasda, kesejahteraan, pelaku UMKM, tingkatkan kesejahteraan umkm, usaha kecil, kerajinan,Tren

Sumsel dorong Dekranasda tingkatkan kesejahteraan pelaku UMKM

Pelaku UMKM kerajinan kain jumputan Palembang membutuhkan bantuan perluasan pasar untuk meningkatkan penghasilan yang merosot dampak pandemi COVID-19. (FOTO ANTARA/Yudi Abdullah/2022)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi setempat meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM, kegiatan pembinaan dan bantuan pemasaran produk UMKM yang dilakukan Dekranasda selama ini perlu dioptimalkan lagi," kata Gubernur Sumsel, Herman Deru, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, pengurus Dekranasda yang ada di tingkat provinsi dan 17 kabupaten/kota memiliki peran besar dalam mendorong pelaku UMKM bangkit dan tumbuh menjadi besar.

"Dekranasda bisa membantu meningkatkan keterampilan pelaku UMKM untuk menghasilkan berbagai produk kekinian yang baik sesuai selera pasar dengan berbagai pelatihan, akses permodalan dan pemasaran (marketing)," ujarnya.

Terkait dengan modal usaha, Gubernur menjelaskan bahwa pihaknya sudah banyak membuka pintu lembaga keuangan melalui kredit usaha rakyat (KUR) dan bermitra dengan perusahaan swasta dan milik negara memanfaatkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Dengan bimbingan dan dukungan Dekranasda para pelaku UMKM yang menghasilkan produk kerajinan dapat terus berkarya dan memiliki saluran penjualan melalui kegiatan pameran.

Dalam membantu memasarkan kerajinan UMKM, pengurus Dekranasda yang dipimpin para istri kepala daerah harus menggunakan produk kerajinan itu sehingga menjadi pencetus awal (trendsetter) yang akan diikuti oleh orang lain atau masyarakat di daerahnya.

Dengan dukungan dan bimbingan Dekranasda, pelaku UMKM dapat menghasilkan produk kerajinan bersifat kekinian dan sesuai dengan selera pasar.

Produk kerajinan yang sesuai selera pasar, dapat meningkatkan penjualan yang secara langsung berpengaruh mendongkrak penghasilan dan kesejahteraan pelaku UMKM, kata Gubernur Sumsel, demikian Herman Deru.