RSUD Ibnu Sotowo Baturaja bangun ruangan khusus penderita TB

id RSUD Ibnu Sutowo Baturaja,RSUD bangun ruangan khusus,ruangan khusus penderita TB,penderita TB RO,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antar

RSUD Ibnu Sotowo Baturaja bangun  ruangan khusus penderita TB

Bupati Ogna Komering Ulu (OKU) , Kuryana Azis bersama Dirut RSUD Ibnu Sutowo Baturaja Rynna Dyana meninjau lokasi yang akan dijadikan ruang khusus penanganan penyakit TB di rumah sakit setempat, Rabu (23/10). (Antara News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sotowo Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan segera membangun ruangan khusus pelayanan bagi penderita penyakit Tuberkulosis Resistant Obat (TB RO).

"Pembangunan ruangan khusus untuk pelayanan penderita penyakit TB ini diupayakan secepatnya," kata Dirut RSUD Ibnu Sutowo Baturaja Rynna Dyana di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis.

Menurut dia, Penyakit TB atau paru-paru ini mudah sekali penularannya mulai dari keluarga maupun lingkungan sekitarnya sehingga dalam pelayanannya diperlukan penanganan yang intensif dan khusus agar penyakit ini tidak mudah menyebar.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya berencana membangun ruangan khusus untuk penanganan penderita TB agar penyakit tersebut tidak menyebar ke pasien lainnya yang berobat di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja.

"Apalagi pasien yang sudah Resistant Obat yang ruangannya berdekatan sangat mudah sekali tertular," jelasnya.

Dia mengemukakan, sejauh ini tercatat jumlah pasien menderita TB yang menjalani perawatan di RSUD setempat, yakni ada sekitar 14 orang.

Dengan adanya ruangan khusus untuk TB ini, ia berharap dapat mengurangi jumlah penderitanya agar Kabupaten OKU terbebas dari penyebaran penyakit tersebut.

"Mudah-mudahan setelah selesai pembangunan Ruangan TB RO ini, jumlah pasien yang menderita penyakit tersebut dapat menurun," harapnya.

Sementara itu, Bupati OKU Kuryana Azis saat meninjau lokasi Ruangan Pelayanan Tuberkulosis Resistant Obat yang akan dibangun di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, kemarin mengaku pihaknya menyambut baik rencana pihak rumah sakit setempat untuk memisahkan ruangan TB RO ini agar lebih mudah dalam pelayananya dan dapat meminimalisir jumlah pasien yang menderita penyakit tersebut.

"Dengan telah ditinjaunya lokasi pembangunan ruangan khusus tersebut diharapkan pembangunannya nanti secepatnya dilaksankan sehingga dapat melayani masyarakat dengan baik," ujar dia. ***1***
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar