Ini kontes-kontes ternak di daerah

id kontes ternak, kontes sapi, Sapi situbondo, ternak situbondo, peternak situbondo

Salah satu sapi yang ikut dalam kontes ternak di Situbondo, Jawa Timur, Rabu (7/8) (Novi Husdinarianto)

Situbondo (ANTARA) - Kelompok Kerja Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Pokja Upsus Siwab) pada Kementerian Pertanian Maidaswar menyatakan pihaknya mendukung kegiatan kontes-kontes sapi ternak yang diselenggarakan di sejumlah daerah di Indonesia.

Maidsawar saat berada di Situbondo, Jawa Timur, Rabu mengatakan kegiatan-kegiatan seperti kontes ternak di tingkat kabupaten terus didukung guna memotivasi peternak sapi serta dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan peternak.

"Perlu didukung terus kegiatan seperti kontes ini, karena selain untuk kesejahteraan peternak juga dapat mencukupi kebutuhan daging sapi di Indonesia," katanya saat hadir di acara Kontes dan Ekspo Peternakan di Situbondo.

Pada kesempatan itu ia mengemukakan bahwa populasi sapi ternak di Kabupaten Situbondo tergolong yang tertinggi di Jawa Timur.

"Sepertiga sapi di Indonesia ada di Jawa Timur, dan ternyata Situbondo merupakan kabupaten yang utama dengan jumlah populasi ternak sapinya yang lebih besar di Jatim," katanya.

Ia menyebutkan, program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting selama tiga tahun terakhir dalam skala nasional telah menghasilkan sekitar empat juta ekor anak sapi dengan nilai investiasi Rp1,7 triliun.

Kegiatan kontes ternak ini, katanya, merupakan salah satu bagian dari program nasional Upsus Siwab dan menggalakkan inseminasi buatan (IB) di seluruh Indonesia.

"Kalau dari empat juta ekor sapi dikalikan dengan harga seekor anak lepas sapi Rp8.000.000, maka sekian triliun kontribusi dari peternak seluruh Indonesia, khususnya di Situbondo ini," ucapnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemerintah Kabupaten Situbondo Muhammad Hasanuddin mengatakan populasi ternak sapi di Situbondo hingga saat ini mencapai 181.252 ekor yang tersebar di 17 kecamatan dan 132 desa dan empat kelurahan.

"Tertinggi populasi ternak sapi di Situbondo dari 17 kecamatan, yakni di Kecamatan Banyuputih, dan tertinggi kedua populasinya di Kecamatan Jangkar," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar