Lebih baik "Ramah Muslim" dibanding pariwisata halal

id mandalika, pariwisata halal, muslim friendly, ramah muslim, Azril Azhari, ICPI, ikatan cendekia pariwisata Indonesia

Lebih baik "Ramah Muslim" dibanding pariwisata halal

Pengunjung berswafoto dengan latar belakang Waduk Riam Kanan di wisata alam Bukit Matang Kaladan, Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (14/4/2019). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc. (ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Cendekia Pariwisata Indonesia (ICPI) Azril Ashari menilai istilah pariwisata halal yang diwacanakan pemerintah kurang tepat, karena sebutan yang lebih memadai adalah "ramah muslim".

"Pariwisata halal tidak bisa diterapkan di Indonesia, kalau Moslem Friendly baru bisa karena kita bukan negara dengan syariah Islam," kata Ketua Umum ICPI Azril Ashari di Jakarta, Kamis.

Menurut Azril istilah pariwisata halal kurang tepat jika diterapkan pada destinasi wisata nusantara karena Indonesia memiliki banyak kearifan lokal yang sebenarnya bisa ditonjolkan untuk menarik wisatawan asing.

Kearifan lokal yang bisa menjadi daya tarik diantaranya makanan dan budaya terutama dari sepuluh destinasi baru yang dicanangkan pemerintah.

"Turis itu tertarik mencari hal unik yang tidak ada di negara asalnya, pengalaman itu yang mereka cari lewat budaya kita seperti tarian dan makanan yang penuh makna filosofisnya," kata Azril.

Ia menjelaskan harus ada tujuan yang jelas ketika pemerintah mencetuskan ide pariwisata halal.

"Harus jelas alasan pariwisata halal itu apa, jangan sampai cuma karena ikut- ikutan," ujar pria berkacamata itu.

Azril mengatakan Indonesia bisa menerapkan istilah "ramah muslim" untuk menggaet pendatang yang memeluk agam Islam.

"Contohnya seperti wisata yang sedang saya kembangkan dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia) di Thamrin City Jakarta. Kami memastikan di setiap lantainya ada mushola dan terpisah antara pria dan wanita," ujar Azril.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia merencanakan akan menerapkan pariwisata halal di sepuluh "Bali Baru", Mandalika merupakan salah satu destinasi tersebut.