Pemprov bahas izin perusahaan berinvestasi di TAA

id sekda, sekda prov sumsel

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sedang membahas rencana untuk pemberian izin salah satu perusahaan yang bergerak di bidang minyak akan berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus Pelabuhan laut Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Mukti Sulaiman usai rapat pembahasan izin di Palembang, Rabu mengatakan, memang salah satu perusahaan mengusulkan akan berinvestasi di kawasan Pelabuhan laut Tanjung Api Api (TAA) sehingga perlu dibahas.

Sebagaimana PT DEX Indonesia ingin berinvestasi di kawasan Pelabuhan Tanjung Api Api Sumsel dan sekarang ini masih dibahas terutama mengenai perizinannya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihaknya sedang membahas letaknya apakah di Kawasan Ekonomi Khusus pelabuhan atau di areal hutan yang sudah mendapatkan izin.

Yang jelas, pihaknya mendukung bila ada perusahaan akan mengembangkan areal Pelabuhan Tanjung Api Api terutama Kawasan Ekonomi Khusus.

Ia mengatakan, pembahasan itu karena masalah perizinan menyangkut dari berbagai pihak seperti Kehutanan, Bappeda dan Amdal.

Pemerintah sendiri menyambut positif perusahaan yang ingin bekerja sama untuk mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus di Pelabuhan Tanjung Api-Api.

Kawasan Tanjung Api Api cukup potensial dalam mengembagkan perekonomian masyarakat, karena di areal tersebut akan dibangun berbagai pabrik dan industri baru, seperti pabrik PT Pusri dan pabrik alumunium.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin sebelumnya mengatakan, kawasan tersebut nantinya akan menyerap ribuan orang tenaga kerja baru, karena akan dibangun berbagai industri.

Sekarang ini kawasan TAA sudah banyak diminati investor sehingga perekonomian Sumsel akan semakin berkembang, katanya.