Menteri: Kasus kekerasan dalam rumah tangga jadi perhatian

id linda gumelar, kdrt masih sering terjadi

Menteri: Kasus kekerasan dalam rumah tangga jadi perhatian

Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar memberikan pengarahan sebelum memulai pembekalan politik bagi calon legislatif perempuan di Hotel Emilia Palembang, Sumsel, Kamis (20/2). (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly/

Palembang (ANTARA Sumsel) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar mengatakan, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga masih menjadi perhatian utama pihaknya.

Hal ini karena kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) masih sering terjadi sehingga perlu diminimalisir, kata menteri kepada wartawan usai sosialisasi peningkatan kapasitas perempuan calon legislatif pada Pemilu 2014 di Palembang, Kamis.

Selama ini kasus KDRT seperti fenomena gunung es dimana di atasnya sedikit kelihatan padahal kasusnya masih banyak.

Banyaknya timbul kasus KDRT kepermukaan tersebut karena kalangan perempuan mulai mengerti akan hak mereka.

Mungkin saja jumlah kasusnya tidak berubah tetapi kalangan perempuan sudah mengerti maka kasus tersebut mulai mencuat ke permukaan.

Selain itu kualitas sumber daya manusia kalangan perempuan sudah mulai meningkat sehingga mereka lebih mengerti akan kapasitasnya.

Oleh karena itu pihaknya terus mengurangi kasus KDRT melalui berbagai keterampilan dan sosialisasi, katanya.

Ia mengatakan, upaya yang dilakukan antara lain meningkatkan kualitas kaum perempuan melalui pendidikan dan keterampilan serta koordinasi sehingga ada pengertian dalam keluarga.

Hal ini karena perempuan sama haknya dengan kamum laki-laki dalam kehidupan bahkan sudah diatur dalam undang-undang sehingga KDRT tidak boleh terjadi.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pemerintah Provinsi Sumsel Susna Sudarti mengatakan, upaya mengurangi KDRT pihaknya terus melaksanakan sosialisasi melalui berbagai kegiatan dalam organisasi wanita sehingga semua keluarga lebih mengerti.