Hayono Isman nilai bagi hasil tambang diutamakan daerah penghasil

id hayono, hayono isman

Hayono Isman nilai bagi hasil tambang diutamakan daerah penghasil

Hayono Isman (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) -Hayono Isman mengatakan, bagi hasil tambang harus diutamakan kepada daerah penghasil karena selama ini masih kurang.

Hal ini karena daerah penghasil selama ini pendapatan dari tambang tersebut tidak sesuai dengan kenyataan, kata Hayono dalam debat calon presiden Partai Demokrat di Palembang, Jumat malam.

Sehubungan itu Undang-Undang bagi hasil yang berlaku selama ini harus direvisi dan perlu diperbesar untuk daerah penghasil.

Pentingnya bagi hasil lebih besar untuk daerah penghasil tersebut karena daerah juga bertanggung jawab dalam pembenahan infrastruktur.

Hal yang sama juga disampaikan Dahlan Iskan bahwa bagi hasil lebih besar dari daerah pertambangan itu penting terutama dalam meningkatkan pendapatan daerah.

Oleh karena itu pihaknya sangat sependapat dengan calon lainnya yakni mengutamakan bagi hasil lebih besar untuk daerah penghasil, kata Dahlan Iskan..

Sementara Pramono Edhie Wibowo mengatakan, memang bagi hasil itu penting lebih besar bagi daerah penghasil karena untuk pembangunan daerah.

Namun yang lebih penting lagi memperketat pengawasan terhadap angkutan hasil tambang tersebut supaya tidak merusak jalan yang dilalui.

Hal yang sama juga disampaikan Ali Masykur Musa dan Irman Gusman yakni mengutamakan bagi hasil terbesar bagi daerah.