Sumsel kirim petani ikuti pelatihan penggemukan sapi

id ktna, ketua ktna

Sumsel kirim petani ikuti pelatihan penggemukan sapi

Ilustrasi. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan akan mengirimkan utusan petani untuk mengikuti pelatihan di sentra penggemukan sapi di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Provinsi tersebut akan menjadi prioritas dalam melaksanakan pelatihan, karena daerah itu sebagai kawasan penggemukan sapi, kata Ketua kelompok tani nelayan andalan (KTNA) Sumsel M Basir di Palembang, Kamis.

Menurut dia, dua provinsi tersebut sebagai sentra penggemukan sapi sehingga pihaknya perlu belajar supaya petani mengetahui tentang perawatan hewan itu sagar dapat diterapkan ke daerah ini.

Selain itu pelatihan penggemukan sapi itu karena Sumsel selama ini masih mendatangkan ternak tersebut terutama saat menghadapi lebaran.

Bahkan, kedua provinsi tersebut menjadi prioritas dalam mendatangkan sapi untuk kebutuhan daerah ini.

Sehubungan itu pihaknya akan mengirimkan peternak untuk mengikuti pelatihan supaya petani daerah ini semakin terampil dalam penggemukan sapi.

Nantinya petani akan mendalami tentang teknologi pengelolaan dalam penggemukan sapi termasuk cara pembuatan pakan.

Mengenai pelaksanaan pelatihan sendiri, dia mengatakan, pihaknya sekarang ini masih menyiapkan petani yang akan dikirim dalam pelatihan nanti.

Selain itu akan melaksanakan koordinasi dengan pihak petani yang menjadi tujuan pelatihan.

Dengan akan dilaksanakan pelatihan tersebut diharapkan populasi sapi di daerah ini semakin berkembang, sehingga Sumsel tidak lagi mendatangkan ternak dari provinsi lain, tambah dia.