KPU rampungkan rekapitulasi hasil Pilkada Palembang

id kpu, kapu palembang

KPU rampungkan rekapitulasi hasil Pilkada Palembang

Ilustrasi.(Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang, Sabtu selesai membacakan rekapitulasi suara dari 16 panitia pemilihan kecamatan (PPK) hasil pemilihan kepala daerah 7 April lalu.

Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pilkada itu dipimpin oleh Ketua KPU Palembang, Eftiyani di Palembang, Sabtu.

Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pilkada Palembang itu sudah berlangsung dua hari yakni Jumat-Sabtu (12-13/4).

Pembacaan hasil rekapitulasi suara dari 16 PPK yang dilakukan KPU Palembang berlangsung alot, karena keberatan dari saksi pasangan calon wali kota-wakil wali kota.

Pasangan saksi calon wali kota-wakil wali kota Palembang Romi Herton-Harnojoyo, Dharmadi Djufri menyatakan, kalau mereka banyak kehilangan suara, karena itu meminta supaya dicocokan formulirnya.

Akan tetapi, saksi dari pasangan Sarimuda-Nelly Rosdiana, Hamzah Sya`ban merasa keberatan akibatnya rapat tersebut sempat alot sehingga sempat ditunda.

Namun, akhirnya rapat bisa dilanjutkan kembali, tetapi belum ada hasil rekapitulasi suara secara keseluruhan dari 16 PPK tersebut.

Mendekati pukul 18.00 WIB KPU Palembang kembali menskor rapat dan akan dilanjutkan kembali hingga pukul 21.00 WIB.

Hingga hari kedua rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pilkada Palembang, gedung KPU tetap dijaga ketat aparat keamanan.

Jalan menuju KPU Palembang ditutup dan dipasang pagar kawat berduri.

Jumlah pemilih tetap pada pilkada Palembang sebanyak 1.133.488 orang dengan 2.650 tempat pemungutan suara yang tersebar di 16 kecamatan.

Pilkada Palembang sudah dilaksanakan pada 7 April lalu diikuti tiga pasangan calon wali kota-wakil wali kota yakni Mularis Djahri-Husni Thamrin, Romi Herton-Harnojoyo dan Sarimuda-Nelly Rosdiana.