Musi Rawas Sumsel perkenalkan produk unggulan

id produk unggulan, linggau

Musi Rawas Sumsel perkenalkan produk unggulan

Ilustrasi. (FOTO ANTARA)

Musi Rawas, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemkab Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, akan memperkenalkan lima produk unggulan daerah dalam Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan,  pada April mendatang.

"Ada lima produk unggulan yang akan ditampilkan dalam pelaksanaan Pekan daerah kontak tani nelayan andalan (Peda - KTNA) tingkat Provinsi Sumsel yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lahat, 21-26 April 2013, kata Ketua KTNA Musi Rawas, Ghufron di Lubuk Linggau, Rabu.
   
Ia menjelaskan, produk unggulan makanan lokal diantaranya beras organik, produk makanan olahan dari buah-buahan, makanan olahan dari ikan, dan jenis kerajinan tangan serta produk hasil pertanian lainnya.

Selain akan menampilkan produk unggulan daerah KTNA daerah itu, kata dia, pihaknya bersama dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (DTPH) setempat akan mengirimkan 100 peserta yang terdiri dari 70 orang dari kalangan petani, kemudian 20 orang pendamping dan 10 orang peninjau.

Pelaksanaan PEDA KTNA Provinsi Sumsel di Kabupaten Lahat, kata dia, akan diikuti oleh 15 kabupaten dan kota di Sumsel. Pada kegiatan ini kontingen Musi Rawas akan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan seperti asah terampil, temu wicara, urun rembuk serta unjuk kebolehan dalam bidang pertanian.

Sejauh KTNA daerah itu, kata dia, sudah terbentuk dalam 288 desa dan kelurahan pada 21 kecamatan, dengan jumlah keanggotaan mencapai 3.000 orang. Selama ini KTNA Musi Rawas bergerak dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani baik dalam peningkatan kualitas maupun produksi pertanian.