KPU OKU sosialisasikan Pilkada 2024 melalui senam sehat

id Senam sehat, Pilkada 2024, badan adhoc, pesta demokrasi, KPU OKU

KPU OKU sosialisasikan Pilkada 2024 melalui senam sehat

KPU OKU menggelar senam sehat di halaman parkir Citimall Baturaja, Minggu. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan menyosialisasikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 melalui kegiatan senam sehat bersama masyarakat di wilayah itu.

"Kegiatan ini sebagai silaturahmi bersama masyarakat OKU sekaligus bagian dari upaya meningkatkan partisipasi pemilih Pilkada 2024," kata Ketua KPU OKU Rahmad Hidayat di Baturaja, Minggu.

Dia mengatakan, senam sehat yang digelar di halaman Citimall Baturaja itu diikuti sebanyak 1.200 peserta dari kalangan masyarakat dan badan adhoc mulai dari PPK, PPS, hingga KPPS serta pihak-pihak terkait lainnya.

Kegiatan senam sehat ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi KPU Kabupaten OKU untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024.

"Berdasarkan kupon undian doorprize yang kami siapkan ada sekitar 1.200 peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut," katanya.

Rahmad menjelaskan, saat ini tahapan Pilkada 2024 telah memasuki masa kampanye yang dimulai pada 25 September sampai 24 November atau tiga hari sebelum pemungutan suara.
 
Sebagai penyelenggara teknis, ia mengajak masyarakat wajib pilih berpartisipasi dalam pilkada dengan hadir menyalurkan hak suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada 27 November 2024.

Rahmad mengimbau masyarakat cerdas menjadi pemilih, salah satunya menghindari praktik politik uang atau money politik, karena hal tersebut merupakan pelanggaran tindak pidana.
 
Ia juga mengajak pemilih menjaga kondusivitas lingkungan masing-masing, termasuk tidak ikut menjadi golongan putih (golput).

Ia menambahkan, melalui kegiatan jalan sehat menuju pilkada sehat menyampaikan pesan kepada publik bahwa KPU OKU sebagai lembaga independen menginginkan kontribusi masyarakat dalam mengawal demokrasi agar berlangsung aman dan damai.
 
"Kami berterima kasih atas antusias masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan jalan sehat ini dan diharapkan antusias ini tetap terjalin hingga pemungutan suara nanti," ujarnya.