BMKG prakirakan hujan ringan hingga sedang mengguyur Indonesia

id bmkg,cuaca hari ini,prakiraan cuaca bmkg,prediksi cuaca

BMKG prakirakan hujan ringan hingga sedang mengguyur Indonesia

Sejumlah pengendara motor melintas saat hujan mengguyur di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (8/5/2024). BMKG Kalbar memprakirakan adanya potensi hujan berintensitas ringan hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat terjadi di sebagian besar wilayah Kalimantan Barat selama tiga hari ke depan. ANTARA FOTO/Jessica Wuysang/nym. (Antara Foto/Jessica Wuysang)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang mengguyur mayoritas kota besar di Indonesia meskipun saat ini musim sudah bergerak menuju kemarau.

Prakirawan BMKG Nurul Izzah Fitria mengatakan kemunculan fenomena perlambatan kecepatan angin atau konvergensi dan pertemuan angin atau konfluensi menyebabkan sebagian besar wilayah masih diguyur hujan.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik konvergensi dan konfluensi tersebut," ujarnya dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Rabu.

Di Pulau Sumatera, BMKG memprediksi cuaca kota-kota besar yang mengalami hujan ringan hingga sedang, yakni Padang, Pekanbaru, Bengkulu, dan Tanjung Pinang.