Polres OKU Timur kerahkan ratusan personel pengamanan Pemilu 2024

id Personel pengaman, petugas PAM, Pemilu 2024, Polres OKU Timur

Polres OKU Timur kerahkan ratusan personel pengamanan Pemilu 2024

Kapolres OKU Timur, AKBP Dwi Agung Setyono. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Martapura (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan(Sumsel) menerjunkan ratusan personel  untuk mengamankan proses pemungutan suara di TPS pada Pemilu 2024 di wilayah itu.

"Dalam pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) kami mengerahkan sebanyak 446 personel," kata Kapolres OKU Timur, AKBP Dwi Agung Setyono di Martapura, Sumsel, Minggu.

Dia menjelaskan, 446 petugas keamanan dan ketertiban (PAM) TPS ini disiagakan guna memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan aman dan lancar.

Personel yang terlibat dalam pengamanan TPS tersebut terdiri atas 153 orang anggota dari Polres OKU, 174 personel polsek jajaran ditambah 119 anggota BKO dari Polda Sumsel.

"Ratusan personel ini disebar di 2.180 TPS yang  di 332 desa dan kelurahan yang ada di OKU Timur," ujarnya.

Dia menjelaskan, fokus pengamanan yaitu untuk mencegah potensi kerawanan di sekitar TPS sehingga tidak menjadi gangguan nyata yang dapat mengganggu stabilitas pemilihan umum yang demokratis dan bermartabat.

Personel pengamanan TPS bertanggung jawab penuh untuk memastikan keamanan seluruh proses di hari pemungutan dan penghitungan suara agar berjalan jujur, adil, dan transparan.

Disamping itu, pengamanan kegiatan pemungutan, perhitungan, dan rekapitulasi suara pun sebagai bagian kegiatan Polri dalam mensukseskan Pemilu 2024 di wilayah itu.

"Para personel dibekali perlengkapan pengamanan pemilu seperti tas ransel, jaket dan jas hujan untuk digunakan saat bertugas di lapangan," ungkapnya.