Polres OKU tingkatkan pengamanan di KPU dengan menempatkan personel

id Pengaman pemilu, Pemilu 2024, Kantor KPU, Polres OKU

Polres OKU tingkatkan pengamanan di KPU dengan menempatkan personel

Polres OKU siagakan personel di Kantor KPU setempat, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, meningkatkan pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum setempat dengan menyiagakan personel pengamanan Pemilu 2024.

"Kegiatan pengamanan ini adalah salah satu tugas Polri, khususnya Polres OKU dalam rangka menyukseskan rangkaian pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024," kata Kapolres OKU AKBP Arif Harsono di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan pengamanan yang dilakukan sejumlah personel Polres OKU tersebut akan dilakukan hingga akhir pelaksanaan proses Pemilu Serentak 2024.

Dia mengatakan tindakan ini sebagai wujud komitmen kepolisian menjaga kelancaran proses pemilihan umum dan keamanan seluruh pihak yang terlibat.

"Kami berkomitmen untuk memastikan pelaksanaan tahapan pemilu di wilayah Kabupaten OKU berlangsung aman dan tertib," katanya.

Selain pengamanan area kantor, kata dia, beberapa personel disiagakan di gudang logistik milik KPU OKU yang terletak di Kelurahan Kemelak, Kecamatan Baturaja Timur.

Pengamanan gudang ini menjadi salah satu prioritas Polri untuk memastikan seluruh logistik kebutuhan pelaksanaan pemilu di wilayah itu dalam kondisi baik hingga proses Pemilu 2024 berlangsung.

"Pengamanan gudang ini penting dilakukan untuk memastikan keamanan dan integritas logistik menjelang maupun saat dilaksanakan dan sesudah pemilu nanti," tegasnya.

Petugas yang disiagakan ditekankan untuk mengantisipasi logistik dari gangguan keamanan dan ketertiban umum, terutama yang dapat mengganggu jalannya pemilu serta kemungkinan kerusakan akibat air hujan dan kebakaran, ujar dia.

Termasuk, katanya, meningkatkan kewaspadaan dengan membatasi akses keluar masuk di gudang logistik dan mengharuskan setiap tamu melapor kepada petugas jaga.

Dengan pengamanan yang ketat, ujar dia, diharapkan logistik pemilu tidak akan terkena potensi gangguan ataupun tindakan kriminalitas lainnya sehingga proses pemilu dapat berjalan aman sesuai harapan.

"Untuk petugas yang berjaga, saya ingatkan agar jangan lengah dengan situasi kamtibmas yang ada, selalu waspada dengan semua kemungkinan yang bisa terjadi," tegasnya.