12 kabupaten dan kota di Sumsel terima penghargaan Peduli HAM2023

id kabupaten, kota, Sumsel, terima penghargaan, penghargaan Peduli HAM2023, pedulinham, kemenkumham kemenkumham sumsel

12 kabupaten dan kota di Sumsel terima penghargaan Peduli HAM2023

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Sebanyak 12 kabupaten dan kota  dari 17 daerah di Sumatera Selatan ditetapkan tim Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)  sebagai penerima penghargaan 'Peduli HAM 2023'.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Kamis. Mengatakan daerah  yang  ditetapkan menerima penghargaan itu yakni Kabupaten Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, Penukal Abab Pematang Ilir (Pali), Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, OKU Timur, serta Kota Lubuklinggau, Pagaralam, dan Kota Palembang.

Ilham menjelaskan,  terpilihnya 12 kabupaten/kota di Sumsel tersebut karena dinilai memiliki kepedulian yang tinggi dalam perlindungan hak asasi manusia (HAM).

Untuk melakukan penilaian kabupaten dan kota layak menerima penghargaan itu 
melalui berbagai tahap penilaian, mulai dari penyampaian Dokumen Penilaian Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM yang didasarkan pada Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 22 Tahun 2021 Tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM, yang kemudian diverifikasi oleh tim Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Selanjutnya apabila sudah lengkap dan benar, lalu dikirim ke aplikasi KKP HAM, untuk diverifikasi lanjutan di tingkat pusat dan ditetapkan sebagai penerima penghargaan Peduli HAM.

Selain 12 kabupaten dan kota tersebut, penghargaan tersebut juga diberikan kepada Pemerintah Provinsi yang telah berhasil membina dan membangun sebagian besar atau seluruh kabupaten/kota Peduli HAM. 

“Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendapat penghargaan itu bersama 17 provinsi lain, dari total 38 provinsi yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Menurut sosok yang telah menjabat Kakanwil di lima provinsi berbeda tersebut,  dia dan jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel juga tak luput mendapat penghargaan.

“Kami mendapat penghargaan sebagai Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM yang mendorong sebagian besar atau seluruh kabupaten/kota Peduli HAM. Penghargaan diberikan bersama 17 Kanwil Kemenkumham dari 33 Kanwil Kemenkumham se-Indonesia,” ujarnya.

Tahun ini terjadi peningkatan daerah Sumsel yang memperoleh penghargaan, karena pada 2022  hanya tiga daerah yakni Kabupaten Lahat, Musi Rawas, dan Kota Lubuklinggau.

Pemberian penghargaan kabupaten/kota Peduli HAM merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM, khususnya di daerah.

“Kementerian Hukum dan HAM bekerja sama dengan Komisi Nasional HAM akan menggelar puncak peringatan Hari HAM Sedunia ke-75 dengan tema Harmoni Dalam Keberagaman. Seluruh kepala daerah yang mendapat penghargaan akan diundang," ujar Kakanwil Ilham.