Kurang kesadaran, banyak pasien TBC meninggal sebelum pengobatan

id kasus tbc,tbc tanah air,tbc kemenkes,pasien tbc indonesia

Kurang kesadaran, banyak pasien TBC meninggal sebelum pengobatan

Ilustrasi - Tenaga kesehatan menunjukkan hasil rontgen thorax salah satu pasien di RSUD Kota Tangerang, Banten, Selasa (21/3/2023). (ANTARA/Fauzan/aww)

JAKARTA (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengatakan bahwa banyak masyarakat yang kurang kesadaran dan pengetahuan mengenai Tuberkulosis (TBC) sehingga menyebabkan meninggal dunia sebelum pengobatan.

"Kurangnya kesadaran dan pengetahuan tentang TBC sehingga banyak yang sudah bergejala, namun belum mengakses layanan untuk pemeriksaan sehingga TBC semakin parah atau resistan, bahkan sampai meninggal sebelum memulai pengobatan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi ANTARA, di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan banyak masyarakat yang sudah diagnosis TBC, namun tidak mengakses pengobatan karena alasan sosial, ekonomi, stigma serta kurangnya dukungan keluarga atau komunitas di saat pasien menjalani pengobatan.

Ia juga mengatakan belum seluruh fasilitas pelayanan kesehatan, baik pemerintah maupun swasta yang terlibat dalam program penanggulangan TBC.