14 orang komunitas motor tersesat di hutan, seorang meninggal

id warga tersesat di hutan,hutan limapuluh kota,anggota komunitas motor

14 orang komunitas motor  tersesat di hutan, seorang meninggal

Petugas SAR mengevakuasi anggota komunitas motor yang dilaporkan tersesat di area hutan Banjo Loweh, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, Senin (23/1/2023) dini hari. (ANTARA/HO Basarnas Padang)

Padang (ANTARA) - Tim pencarian dan pertolongan (SAR) mengevakuasi 14 anggota komunitas motor yang pada Minggu (22/1) malam
dilaporkan tersesat di area hutan di Nagari Banja Loweh, Kecamatan Bukik Barisan, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Koordinator Pos SAR Limapuluh Kota Robi Saputra saat dihubungi dari Padang, Senin, mengatakan bahwa Pos SAR segera mengerahkan petugas untuk melakukan pencarian setelah menerima laporan mengenai anggota komunitas motor yang tersesat di hutan pada Minggu malam (22/1) pukul 23.20 WIB dan berhasil menemukan mereka pada Senin pukul 02.05 WIB.

Menurut dia, sebanyak 13 anggota komunitas motor yang tersesat di hutan ditemukan selamat dan satu orang lagi meninggal dunia karena sakit.

"Seluruh korban telah dievakuasi dari lokasi kejadian," katanya, menambahkan, jenazah seorang anggota berusia 60 tahun yang meninggal dibawa ke RSUD Suliki. 

Upaya pencarian anggota komunitas motor yang tersesat di hutan melibatkan petugas dari Pos SAR Limapuluh Kota, Polsek Suliki, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, unit pemadam kebakaran, Komunitas Siaga Bencana, serta warga.

Menurut laporan yang diterima Pos SAR, anggota Ikatan Trabas Adventure (ITA) pada Minggu (22/1) pagi berangkat untuk melakukan kegiatan di area hutan Banja Loweh dan berencana pulang pada sore hari.

Namun, hujan lebat kemudian mengguyur daerah tersebut sehingga mereka harus berteduh sampai malam hari dan sesudahnya tidak berhasil menemukan jalan keluar dari hutan.