Kabupaten OKU kejar target vaksin PMK dosis kedua

id Target vaksinasi, vaksin PMK, hewan ternak, sapi dan domba, Diskannak OKU

Kabupaten OKU kejar target vaksin PMK dosis kedua

Tim Satgas dari Diskannak Kabupaten OKU memberikan suntikan vaksin anti PMK dosis kedua kepada hewan ternak domba milik masyarakat di daerah itu, Senin (19/12/2022). ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mengejar target vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dosis kedua bagi ternak domba di daerah itu.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten OKU, Putut Pantoyo di Baturaja, Senin mengatakan, secara keseluruhan program vaksinasi PMK di daerah itu untuk ternak jenis sapi dan kerbau telah mencapai 100 persen atau sebanyak 1.600 ekor telah mendapat suntikan vaksin hingga dosis kedua sesuai target sasaran.

Begitupun untuk pemberian vaksin PMK dosis pertama bagi domba sudah mencapai 100 persen dari 4.600 target sasaran.

"Yang kami kejar sekarang pemberian vaksin dosis kedua untuk domba yang baru mencapai sekitar 20 persen," katanya.

Untuk mengejar target tersebut pihaknya melakukan upaya jemput bola ke seluruh peternakan domba yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU agar seluruh hewan ruminansia tersebut mendapat vaksin PMK lengkap hingga akhir tahun nanti.

Dalam penyuntikan vaksin pihaknya menerjunkan tim satgas PMK untuk mendatangi langsung tempat-tempat peternakan hewan milik masyarakat guna disuntik obat penangkal wabah tersebut.

"Sejauh ini tidak ada kendala dalam pemberian vaksin. Begitu juga persediaan dosis vaksin masih sangat mencukupi kebutuhan masyarakat yaitu tersedia sebanyak 5.000 dosis," katanya.

Dia menjelaskan, pemberian vaksin PMK bagi ternak sapi dan domba sebagai program nasional yang diinstruksikan oleh pemerintah untuk melindungi sektor peternakan dari penyakit menular dan bisa mengancam kesehatan ternak dan manusia.

Pemberian vaksin tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK yang saat ini menjangkit hewan ternak di beberapa daerah di Indonesia.

"Meskipun di Kabupaten OKU belum ada hewan ternak yang terinfeksi PMK, namun upaya antisipasi perlu dilakukan sedini mungkin melalui penyuntikan vaksin tersebut," jelasnya.