Pertamina Hulu Rokan zona 4 salurkan beasiswa Politeknik Akamigas Palembang

id pertamina,pertamina hulu rokan,migas,minyak dan gas,beasiswa,pendidikan,akamigas,politeknik

Pertamina Hulu Rokan zona 4 salurkan beasiswa Politeknik Akamigas Palembang

Peserta beasiswa Politeknik Akamigas Palembang berfoto bersama orangtuanya dan jajaran manajemen PHR 4 serta kepala desa di Palembang, Jumat (2/9/22). (ANTARA/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Rokan zona 4 menyalurkan beasiswa kuliah di Politeknik Akamigas Palembang kepada delapan pelajar yang berdomisili di sekitar wilayah operasi pengeboran Sumatera Selatan.

Pejabat Sementara (Pjs) General Manager (GM)  PHR Zona 4 Sulistyo Handono di Palembang, Jumat, mengatakan kerja sama dengan Politeknik Akamigas ini sudah terjalin sejak 2014 sehingga total peserta beasiswa sudah mencapai 56 orang.

“Program ini difasilitasi oleh SKK Migas, yang merupakan wujud dukungan kami terhadap peningkatan kualitas pendidikan warga yang bertempat tinggal di Ring 1,” kata Sulistyo setelah penandatanganan MoU dengan Politeknik Akamigas Palembang.

Ia mengatakan program ini sudah dirasakan manfaatnya karena sebagian besar alumni sudah bekerja, baik di sektor migas atau di sektor SDA lainnya.

Baca juga: Pertamina Hulu Rokan Sumsel gelar Klinik Pengadaan bantu pengusaha bertransaksi digital

Pertamina berharap program CSR ini terus berlanjut sehingga memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Perintis Program Beasiswa Politeknik Akamigas, Eka Riza mengatakan dirinya terketuk untuk menjalankan program ini saat menjadi manajer pengeboran (FM) di Pendopo, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, karena kesulitan warga setempat untuk mengakses pendidikan hingga perguruan tinggi.

“Keberhasilan Pertamina dalam eksplorasi itu tak lepas dari doa yang masyarakat sekitarnya. Ini juga yang melatari niat kami menjalankan program beasiswa ini,” kata dia.

Baca juga: Pertamina Hulu Rokan berhasil bor 145 sumur baru, berkontribusi 12.000 barel per hari

Selain itu, Pertamina juga memiliki tanggung jawab moral untuk mengangkat pendidikan warga sekitar wilayah operasi, dalam hal ini kawasan Ring 1.

Nantinya, para peserta beasiswa ini diharapkan dapat berkiprah untuk tanah kelahirannya sehingga daerah yang menjadi wilayah operasional Pertamina menjadi lebih maju.

Bagi Pertamina, justru menjadi kebanggaan tersendiri jika bisa memberdayakan warga lokal.

“Pertamina membuka peluang seluas-luasnya, jangan dikira untuk pekerjaan di sektor migas saja, tapi banyak sektor lain seperti kehumasan, hukum, kesehatan dan lainnya,” kata dia.

Baca juga: SKK Migas dan PHR optimistis produksi Blok Rokan kembali naik

Cici Purwati, salah seorang alumni beasiswa Politeknik Akamigas, mengatakan dirinya sangat bangga karena terpilih mendapatkan beasiswa tersebut yang dijalani selama enam semester.

Selama proses ini, ia mendapatkan bantuan biaya akomodasi, kursus bahasa Inggris, kursus TOELF hingga mengikuti kegiatan Summer School di Malaysia.

Cici yang sudah menamatkan studinya pada 2022 ini akan menjalani pendidikan bersertifikasi pengeboran di Jakarta Drilling Society selama 6 bulan dengan dibiayai PHR zona 4.

“Kemungkinan saya dikirim bulan depan, dan nanti mendapatkan sertifikat keahlian dalam bidang pengeboran. Untuk bekerja, saya berharap nantinya bisa bekerja di industri pertambangan,” kata dia.

Baca juga: Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Sumsel dorong vendor lokal naik kelas
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertamina Hulu Rokan 4 salurkan beasiswa di Politeknik Akamigas