Ogan Komering Ulu siap menjadi Kabupaten Layak Anak tingkat nasional

id Kabupaten/kota layak anak, indikator KLA, predikat KLA, hak anak, Dinas PPPA OKU,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Ogan Komering Ulu siap menjadi Kabupaten  Layak Anak tingkat nasional

Jajaran Pemkab OKU menggelar rapat gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan menyatakan siap menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat nasional dengan memenuhi beberapa indikator sebagai syarat untuk meraih predikat tersebut tahun ini.

"Kabupaten OKU menyatakan siap menyandang predikat KLA sebagai wilayah yang kondusif dan layak untuk mendukung tumbuh kembang anak secara positif," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) OKU Arman di Baturaja, Jumat.

Saat ini, pihaknya sedang menyambut kedatangan Tim Verifikasi KLA dari Kementerian PPPA RI untuk memberikan penilaian di Kabupaten OKU.

Pada verifikasi lapangan ini, pihaknya juga menghadirkan seluruh anggota tim gugus tugas yang masuk dalam lima klaster penilaian. Dalam verifikasi penilaian lanjutan ini, pihak Kementerian PPPA akan membuktikan seluruh dokumen persyaratan penilaian KLA yang pernah disampaikan pihaknya sebelumnya.

"Alhamdulillah tahun ini OKU bisa masuk penilaian mandiri dengan nilai 867. Mudah-mudahan verifikasi kali ini OKU kembali dapat lolos dan dinyatakan layak menyandang predikat KLA tahun ini," katanya.

Menurutnya, sejauh ini Kabupaten OKU telah memenuhi beberapa indikator KLA, antara lain pelayanan ramah anak yang saat ini sudah tersedia di sejumlah instansi dan OPD di pemerintahan daerah setempat.

"Seperti di rumah sakit, sekolah dan beberapa instansi lainnya di Pemkab OKU yang saat ini sudah ada pelayanan khusus ramah anak harus dimaksimalkan dalam pelayanannya," katanya.

Selain itu, kata dia, pemerintah daerah telah membentuk gugus tugas percepatan Kabupaten Layak Anak yang dibentuk sejak tahun lalu.

OPD yang termasuk dalam gugus tugas penilaian kabupaten layak anak ini telah bekerja sama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing agar OKU tahun ini masuk dalam nominasi penilaian Kabupaten Layak Anak.