Tarian Apsara Kamboja tampil memukau di penutupan SEA Games Vietnam

id Sea games, sea games 2021, sea games vietnam, sea games 2021 vietnam, penutupan sea games, tari apsara, tarian apsara

Tarian Apsara Kamboja tampil memukau di penutupan SEA Games Vietnam

Tarian Apsara khas Kamboja tampil pada penutupan SEA Games 2021 di Vietnam, Senin (23/5/2022). ANTARA/Arindra Meodia.

Hanoi (ANTARA) - Tarian Apsara yang merupakan simbol budaya Kamboja tampil memukau pada upacara penutupan SEA Games ke-31 yang berlangsung di Vietnam Asian Indoor Game, Hanoi, Vietnam, Senin malam.

Penampilan para penari sekaligus memperkenalkan Kamboja sebagai tuan rumah SEA Games ke-32 yang berlangsung di negara tersebut pada 2023.

Tak lupa, kelinci yang menjadi maskot SEA Games 2023 Kamboja turut ditampilkan beriringan dengan tarian tersebut.

Pada kesempatan itu, dinyanyikan pula lagu kebangsaan Kamboja "Nokor Reach."

Sebelumnya, Penyerahan bendera terlebih dulu diawali penurunan bendera SEA Games Federation, dilanjutkan dengan perwakilan atlet Vietnam yang membawa bendera bergambar 11 cincin itu kepada Ketua Komite Olimpiade Vietnam Nguyen Van Hung.

Vietnam menyampaikan perpisahan hangat kepada semua peserta dalam upacara penutupan SEA Games di Hanoi, Vietnam, yang berlangsung selama 90 menit.

Layar LED dengan panjang 580 meter dalam ruangan dipasang untuk acara tersebut dan ada panggung utama di tengah seluas 611 meter persegi. Ada juga dua panggung di samping seluas 315 meter persegi untuk menciptakan efek suara dan cahaya terbaik.

Ada pula pertunjukan musik yang menampilkan lagu-lagu daerah Vietnam “quan ho” , “Moi trau” , “Gia ban”, dan “Nguoi oi nguoi o dung ve.” Penyanyi kontemporer kenamaan seperti Uyen Linh, Van Mai uong, dan Duong Hoang Yen tampil di atas panggung menyemarakan acara penutupan tersebut.

Pada SEA Games 2021 Vietnam, Indonesia menempati peringkat ketiga klasemen akhir perolehan medali dengan koleksi 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Raihan tersebut jauh di bawah tuan rumah yang bercokol di posisi teratas dengan raihan 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu. Sedangkan posisi kedua ditempati Thailand dengan 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu.