Arsenal lanjutkan tren positif ketika cukur habis West Brom 4-0

id liga inggris,arsenal,west brom,alexandre lacazette,kieran tierney,bukayo saka

Arsenal lanjutkan tren positif  ketika cukur habis West Brom 4-0

Penyerang Arsenal Alexandre Lacazette (kiri) mencetak gol keduanya ke gawang West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Sabtu (2/1/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Michael Regan)

Jakarta (ANTARA) - Arsenal melanjutkan tren positif mereka ketika mencukur habis tuan rumah West Bromwich Albion 4-0 dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Inggris, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Hasil itu menjadi kali pertama Arsenal meraih tiga kemenangan beruntun di Liga Inggris musim ini, seolah menandai momentum kebangkitan mereka dari tren buruk yang sempat dialami.

Berbarengan dengan hasil positif Arsenal itu, Alexandre Lacazette turut menyumbangkan dwigol menyusul gol-gol Kieran Tierney dan Bukayo Saka, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan kali ini membuat Arsenal melompat naik ke urutan ke-11 klasemen dengan koleksi 23 poin, sedangkan West Brom (8) tak beranjak dari posisi ke-19.

Arsenal tampil menekan sejak awal, tetapi dua peluang bagus mereka dari Hector Bellerin dan Saka dalam 10 menit pertama pertandingan masih bisa diamankan oleh kiper Sam Johnstone.

West Brom sempat mengancam balik tamunya lewat sebuah serangan balik pada menit ke-21 yang diakhiri umpan lambung Matheus Pereira, tetapi tembakan penyelesaian Matthew Phillips masih melambung di atas mistar gawang.

Dua menit kemudian, Arsenal akhirnya sukses memecahkan kebuntuan ketika Tierney mencetak gol fenomenal lewat aksi individualnya menggiring bola dari area sayap kiri sebelum melakukan tusukan dan melepaskan tembakan keras ke pojok kanan atas gawang.

Arsenal tak butuh waktu lama untuk menggandakan keunggulan, sebab pada menit ke-28 Saka berhasil menyontek umpan tarik Emile Smith Rowe untuk menaklukkan Johnstone.

Tim besutan Mikel Arteta terus memberondong pertahanan West Brom, tetapi hingga turun minum mereka belum mampu menambah keunggulan 2-0 yang dimiliki.

Keunggulan itu baru bisa ditambah pada menit ke-60 saat Lacazette menyambar bola muntah hasil tembakan Smith Rowe yang sempat dihalau oleh Semi Ajayi.

Empat menit berselang, Lacazette sukses mengemas gol keduanya untuk kian memperlebar jarak keunggulan Arsenal ketika berdiri bebas tanpa kawalan untuk menyelesaikan umpan silang terukur kiriman Tierney.

Arsenal memiliki enam peluang lain untuk menambah keunggulan tetapi gagal, sebaliknya kiper Bernd Leno melakukan penyelamatan gemilang demi mencegah Rekeem Harper mencetak gol penghiburan West Brom sekaligus memastikan The Gunners menang dengan catatan nirbobol.

Arsenal dan West Brom selanjutnya masing-masing akan menghadapi Blackpool dan Newcastle United dalam putaran ketiga Piala FA pada Sabtu (9/1) pekan depan.