Gubernur Sumsel minta perkebunan antisipasi kebakaran hutan dan lahan

id sumsel,info sumsel,gubernur sumsel,herman deru,kebakaran hutan dan lahan,cegah karhutla sumsel,deru minta perusahaan cegah karhutla,perusahaan perkebu

Gubernur Sumsel minta perkebunan antisipasi kebakaran hutan dan lahan

Gubernur Sumsel Herman Deru (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sumsel)

Karhutla ini rutin setiap tahun tidak bisa kita pungkiri. Makanya perusahaan perkebunan selain jaga aset, pikirkan juga tanggung jawab sosial dan lingkungan
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta perusahaan perkebunan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan agar tidak terjadi di provinsi yang terdiri atas 17 kabupaten dan kota tersebut.

"Segera antisipasi sedini mungkin termasuk usaha perkebunan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata gubernur di Palembang, Rabu.

Pihaknya tidak mau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terulang tahun ini sehingga harus diantisipasi, ujar dia.

"Karhutla ini rutin setiap tahun tidak bisa kita pungkiri. Makanya perusahaan perkebunan selain jaga aset, pikirkan juga tanggung jawab sosial dan lingkungan," tegasnya.

Baca juga: Sumsel siap tambah alokasi dana penanggulangan karhutla

Baca juga: Pengawasan 10 daerah rawan Karhutla di Sumsel diperketat


Memang, lanjut gubernur, perusahaan perkebunan telah mengantipasi seperti pembuatan embung. Bahkan perusahaan juga telah melaksanakan patroli dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan tersebut. Namun kesemuanya itu harus dimaksimalkan lagi agar kabut asap seperti pada 2015 akibat kebakaran hutan tidak terulang kembali.

Menurut Herman Deru, selain fokus mengelola lahan, koorporasi juga mesti memikirkan lingkungan sekitarnya termasuk soal masalah lahan yang kerap masih bermasalah dengan masyarakat. Jika bisa diselesaikan dengan jalan musyawarah dan menguntungkan kedua belah pihak .

Bisa dicoba dikelola secara kemitraan, sarikan solusi itu agar tidak menguras energi dengan masalah yang itu-itu saja, tambah dia.
Baca juga: Korem 044/Gapo apel siaga kebakaran hutan dan lahan
Baca juga: Personel Polda Sumsel ditempatkan di daerah rawan karhutla