Ramaikan esports, juara dunia reli Petter siap panaskan balap virtual F1 ke-4

id balap virtual,formula1,formula one,petter soldberg,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang, antara hari ini, palembang hari i

Ramaikan esports, juara dunia reli Petter siap panaskan balap virtual F1 ke-4

Petter Soldberg (Twitter.com/F1)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia reli tiga kali Petter Solberg akan menjalani debut di ajang balap virtual Formula 1 dengan meramaikan kompetisi esports yang memasuki seri keempatnya pada Minggu nanti.

Pereli berusia 45 tahun asal Norwegia itu akan membela tim Renault bersama pebalap junior Renault Christian Lundgaard.

Akhir pekan nanti merupakan jadwal dari Grand Prix Belanda, yang kembali masuk ke kalender F1 setelah 35 tahun. Namun, pandemi virus corona telah memaksa musim balapan tertunda.

Balap virtual seri keempat itu akan menggunakan layout sirkuit Interlagos Brazil, setelah mendapatkan voting terbanyak dari para fan, karena Sirkuit Zandvoort di Belanda belum tersedia di video game F1 edisi 2019.

"Menjalani debutku di F1 pada usia 45, tanpa meninggalkan rumahku sama sekali... ini akan menyenangkan," cuit Soldberg.

Ini bukan kali pertama bagi juara dunia FIA World Rally dan juara dua kali FIA World Rallycross itu membalap di balik kemudi simulator. Bersama Jenson Button, Soldberg pada Sabtu lalu (25/4) memenangi ajang balap esports Legends Trophy di Sirkuit Nurburgring.

"Apakah 'pengalaman' cara tersopan untuk bilang saya tua? Akan sangat menyenangkan tentunya. Sekarang tinggal latihan sebanyak mungkin untuk mempelajari mobil, gaya dan trek baru agar saya tak ketinggalan dari para pemuda ini," cuit Soldberg.
 


Charles Leclerc akan mengincar gelar grand prix virtual ketiganya secara beruntun untuk Ferrari, yang kali ini diperkuat juga oleh Enzo Fittipaldi, cucu dari juara dunia dua kali asal Brazil, Emerson Fittipaldi.

Alexander Albon akan bermitra dengan atlet kriket Ben Stokes di tim Red Bull.

Sedangkan pemain kriket asal Inggris lainnya, Stuart Broad akan berada di balik kemudi mobil tim Alpha Tauri bersama kapten tim AC Milan Alessio Romagnoli.

George Russell dan rookie Nicholas Latifi siap memperkuat tim Williams dan Antonio Giovinazzi akan ambil bagian bersama tim Alfa Romeo.

Seri balap virtual kini menjadi tren baru di tengah kekosongan musim kompetisi imbas krisis kesehatan global.

Formula 1 menyatakan bahwa tiga seri Grand Prix virtual yang telah digelar menarik perhatian sedikitnya 16 juta penonton baik lewat televisi maupun platform digital.

Seri keempat Grand Prix F1 di Sirkuit Interlagos akan disiarkan langsung mulai Minggu pukul 00:00 WIB melalui Twitch, laman resmi F1 dan kanal YouTube, serta sejumlah stasiun televisi terpilih.