Promosi belanja online bukan segalanya

id belanja online,kepuasan pelanggan,uang virtual,promosi,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Promosi belanja online bukan segalanya

Ilustrasi belanja online. (ANTARA/HO/Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Survei yang diadakan lembaga Kadence International menunjukkan promosi di platform belanja online kini bukan lagi satu-satunya faktor yang menentukan kepuasan pelanggan.

"Para pengguna platform e-commerce sudah semakin jeli dalam memilih layanan yang digunakannya," kata Direktur Riset Muda di Kadence International Adhistya Febriani, dalam siaran pers diterima di Jakarta, Jumat.

Seiring dengan menjamurnya platform belanja online di Indonesia, promosi menjadi salah satu strategi untuk menggaet pengguna. Lembaga itu melihat taktik promosi tidak berdampak besar pada kepuasan dan loyalitas pengguna.

Kepuasan pengguna dinilai bisa menciptakan efek jangka panjang, yaitu memberikan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan loyalitas konsumen

Berdasarkan survei online "The Most Trusted E-commerce" pada 2-15 November 2022 kepada 1.200 responden di beberapa kota besar di Indonesia, lembaga itu menemukan setidaknya ada tiga hal utama yang dicari pengguna platform belanja online, yaitu keamanan, kualitas dan keaslian produk, dan pengiriman.

Ketiga faktor itu bisa menentukan kepuasan berbelanja di platform online.

"Pada akhirnya, platform e-commerce yang dapat memberikan pengalaman berbelanja yang aman dan berkualitas secara menyeluruh yang akan memenangkan hati pengguna dan kompetisi pasar," kata Adhistya.

Belanja online, terutama sejak pandemi, bukan lagi hal yang asing bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Dengan berbagai pilihan platform belanja online, konsumen mencari platform yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman dalam keseluruhan aktivitas belanja online.

Oleh karena itu, Kadence International melihat keamanan dalam transaksi, jaminan kualitas barang dan kemudahan dalam pembayaran dan pengiriman menjadi pertimbangan pengguna.

Dalam survei "The Most Trusted E-commerce", lokapasar Tokopedia unggul dalam kualitas barang (85 persen), keandalan layanan pengiriman (85 persen) dan keamanan data pribadi pengguna (84 persen).

Responden survei itu menjawab Tokopedia (88 persen) dan Shopee (82 persen) memberikan kemudahan dan variasi metode pembayaran. Blibli (62 persen) berada di posisi ketiga dalam hal pembayaran, diikuti oleh Lazada (60 persen).

Jumlah ulasan pada sebuah produk juga menjadi pertimbangan konsumen. Sebanyak 86 persen responden menjawab Shopee sebagai lokapasar yang paling banyak memiliki ulasan pembeli.

Tokopedia juga menjadi lokapasar yang banyak memiliki ulasan dari pembeli, sebanyak 76 persen responden menjawab demikian. Sementara 52 persen responden menjawab Lazada.

Survei itu juga menemukan bahwa 81 persen responden memilih Shopee sebagai platform yang menawarkan promosi belanja paling menarik.