Ratusan lukisan seniman berbagai negara dipamerkan "@rtquarelle"

id pameran bertajuk,bertajuk @rtquarelle,Ratusan lukisan cat air

Ratusan lukisan seniman berbagai negara dipamerkan "@rtquarelle"

Lukisan karya Ngurah Darma, Indonesia (Balinese Girl) yang akan ditampilkan dalam pameran @rtquarelle di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali dari 1 - 7 Agustus mendatang (Antaranews Bali/Dok IWS/2019)

Denpasar (ANTARA) - Ratusan lukisan cat air hasil karya para seniman dari berbagai negara akan ditampilkan dalam pameran bertajuk "@rtquarelle" di Gedung AB-BC/Art Bali, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali , pada 1-7 Agustus 2019.

"Karya-karya cat air tersebut merupakan pemenang dan finalis lukisan cat air Tahun 2019 yang diselenggarakan International Watercolor Society (IWS). Kompetisi ini ini diikuti para seniman dari puluhan negara di dunia," kata Ketua IWS Indonesia Agus Budiyanto, di Denpasar, Jumat.

Melalui kompetisi perdana ini diharapkan Indonesia menjadi lebih diperhitungkan di dalam kancah pergaulan seni lukis cat air di dunia.

Baca juga: 300 seniman tampilkan musik Aquistik Biak harmoni

"Dalam kompetisi memang tidak membatasi ruang gerak seniman, kecuali membaginya di dalam dua kelompok besar, yaitu figurative/representational dan non-figurative/non-representational," ujarnya.

Hasilnya, lanjut Agus, tentu sangat menarik karena memberi wawasan luas tentang perkembangan seni lukis cat air di berbagai negara di Asia maupun negara-negara di benua lainnya, serta praktik berkesenian yang tengah berlaku.

"Dengan penyelenggaraan kompetisi cat air antarbangsa ini, IWS membubuhkan Indonesia sebagai satu titik penting dalam percaturan seni budaya internasional, dan semakin mengokohkan posturnya sebagai kawasan yang subur kreatitivtas ke dalam peta cat air dunia," ucap Agus.

Baca juga: Seniman Indonesia gelar pameran di Nanjing

Untuk memilih pemenang kompetisi, sebelumnya telah dibentuk dewan juri terdiri dari lima pakar dengan diketuai Srihadi Sudarsono, seorang pelukis terkemuka Indonesia. Empat anggotanya adalah Atanur Dogan (pendiri dan President IWS Globe, Turkey/Canada), Liu Yi (pelukis senior cat-air China), Ong Kim Seng (pelukis cat-air senior dari Singapura) dan John Cogley (pemilik perusahaan cat-air Daniel Smith, USA).

Pada tahap awal kompetisi, sebanyak 986 karya peserta dari 73 negara diperiksa dan dipilah oleh dua orang kurator IWS, yaitu Eddy Soetriyono dan Efix Mulyadi. Tahap penyisihan ini menghasilkan 312 (jumlah karya) yang diserahkan kepada juri tahap akhir.

Adapun para pemenang kompetisi yang sekaligus merupakan peserta utama pameran "@rtquarelle" yakni untuk Pemenang Kategori Figurative / Representational sebagai juara I Viktoria Prischedko, Jerman (dengan judul lukisan Autumn), Juara II Youmee Park, Korea Selatan (Romance of Beautiful Light) dan Juara III diraih Ngurah Darma, Indonesia (Balinese Girl).

Baca juga: Mahasiswa pentaskan koreografi lingkungan Hari Tari Sedunia

Sementara itu, untuk Kategori Non-Figurative/Non-Representational sebagai Juara I diraih Besnik Xhemaili dari Kosovo (Garden), Juara II Hisako Ohkochi, Jepang (Water Side) dan Juara III diraih Umi Haksami, Indonesia (Beyond the Horizon #2)

"Terkait dengan pameran @rtquarelle, akan menampilkan banyak ragam dan kecenderungan tema, gagasan, objek garapan, motif, maupun pencapaian teknik di dalam seni lukis cat air dewasa ini," kata Agus.

Melengkapi karya pemenang dan finalis pada pameran ini, para juri juga ikut menampilkan lukisan mereka di dalam gaya khas masing-masing.

Baca juga: Karya-karya penyair generasi milenial cenerung abaikan realita

"International Watercolour Society (IWS)" sendiri merupakan sebuah organisasi nirlaba yang didirikan pada Januari 2012 oleh Atanur Dogan, seniman asal Kanada & Turkey, dengan tujuan untuk mewujudkan cinta dan perdamaian global melalui seni sebagai bahasa universal dan menjalin persahabatan dengan pelukis cat air di seluruh dunia dan mempromosikan cat air, teknik melukis tertua dan paling berakar di dunia.

Organisasi ini dengan cepat menjadi organisasi paling besar dalam sejarah cat air. IWS pusat berada di Teos, Seferihisar, Turkey. Festival IWS pertama berlangsung di Teos pada Juni 2012 dengan partisipasi dari 650 seniman dan ratusan pecinta seni dengan cara simbolis, seniman yang memegang obor memanjat tembok kota kuno.

Festival IWS kedua adalah Festival Watercolor Mediterania pada Juni 2013, menyampaikan sebuah pesan damai dari kota yang sama. Festival IWS ketiga diadakan pada Mei 2014 di Cappadocia-Turkey.

Festival IWS keempat diadakan pada Mei 2015 di GanziatepTurkey dan selanjutnya akan diadakan di negara anggota lainnya yang terpilih. Sejak didirikannya pada 2012 IWS saat ini sudah bergabung sekitar 100 negara anggota IWS.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar