Ratusan qari dan qariah ikuti MTQ Bandarlampung

id mtq, lampung

Bandarlampung, (ANTARA News) - Sebanyak 915 qari dan qariah dari 13 kecamatan, mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 tingkat Kota Bandarlampung, 14-17 Maret 2012.
   
"Para pemenang dalam cabang yang dipertandingkan akan mewakili kota pada MTQ tingkat provinsi," kata Wali Kota Bandarlampung Herman HN, di Bandarlampung, Kamis.
   
Ia mengatakan, pemenang cabang yang diperlombakan dalam MTQ itu akan mendapatkan uang tunai Rp5 juta.
   
Menurut dia, hadiah tersebut untuk memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kualitas sehingga dapat menang pada MTQ tingkat provinsi mendatang.
   
Herman HN mengharapkan, qari dan qariah Kota Bandarlampung dapat pula berprestasi pada ajang ynag lebih tinggi yakni menjadi juara MTQ tingkat nasional.
   
Wali Kota Bandarlampung itu juga berjanji akan memberangkatkan ibadah umroh bagi juara pada MTQ tahun ini.
   
"Namun semua pemenang harus asli warga Bandarlampung, karena sebagai cerminan bagi daerah," kata dia.
   
Dia mengatakan, meskipun nanti qari dan qariah Kota Bandarlampung tidak menjadi juara pada tingkat provinsi, tidak menjadi masalah.
   
Terpenting, menurut dia, qari dan qariah itu merupakan warga asli Kota Bandarlampung. Hal itu dimaksudkan untuk membuktikan bahwa Kota Bandarlampung memiliki qari dan qariah terbaik.
   
"Qari dan qariah kita harus bisa membanggakan daerahnya dengan menjadi juara di tingkat provinsi maupun nasional," katanya.
   
Sementara itu, Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Lampung Abdurahman, mengatakan pihaknya akan mendiskualifikasi peserta yang bukan asli warga Bandarlampung.
   
"Langsung melakukan diskualifikasi jika peserta bukan warga asli Bandarlampung," kata dia.
   
Menurutnya, hal itu dilakukan untuk menyaring bibit baru qari dan qariah asal Bandarlampung.
   
Dewan hakim dalam MTQ tahun ini sebanyak 64 orang. Sedangkan cabang yang diperlombakan antara lain cabang Tilawah golongan anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra, cabang Qiraah quran, Fahmil Quran, Syahril Quran, Khottil Quran, serta cabang Tahfiz.
   
MTQ tingkat Kota Bandar Lampung ini akan digelar di tiga tempat, yaitu di Kecamatan Telukbetung Utara (TBU), Stadion Pahoman, wisma atlet, dan Masjid Al Muslimin.
   
Pembukaan MTQ ke-43 Bandarlampung berlangsung di Stadion Pahoman Bandarlampung, Rabu (14/3) malam.
(ANT-RB*A054/Parni)