Pertamina penuhi kebutuhan BBM lebaran

id pertamina, penuhi kebutuhan bbm lebaran

Pertamina penuhi kebutuhan BBM lebaran

Pertamina (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II siap memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak Sumatera Selatan dalam menghadapi lebaran 28-29 Juli 2014.

"Kita siap untuk memenuhi kebutuhan BBM masyarakat Sumsel menjelang Idul Fitri 1435 H," kata Senior Supervisor External Relation PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II, Alicia Irzanova di Palembang, Senin.

Menurut dia, diprediksi kenaikan BBM tujuh hari sebelum (H-7) sampai dengan tujuh hari setelah (H+7) Idul Fitri konsumsi premium akan meningkat, sedangkan konsumsi solar akan turun.

Ia mengatakan, selama bulan puasa ini konsumsi premium dan solar di Sumatera Selatan masih stabil.

Rata-rata antara 1 Juni sampai 20 Juli 2014, konsumsi premium sekitar 2.500 KL per hari dan solar sekitar 1.500 KL per hari, katanya.

Untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan premium pada saat mudik sejak H-15 (13/7) telah dilakukan "stock build up" di SPBU guna mengantisipasi apabila terjadi peningkatan permintaan sampai dengan 13 persen dari kebutuhan normal harian.

Walaupun kecenderungan konsumsi solar akan menurun menjelang Idul Fitri, namun tetap dilaksanakan "stock build up" yang dapat mengantisipasi apabila peningkatan permintaan sampai dengan 20 persen, ujarnya.

Ia menuturkan, selain itu juga dilakukan persiapan stok BBM total di wilayah Sumbagsel ditingkatkan dari 436.059 KL terdiri atas premium 213.672 KL, solar 219.712 KL dan pertamax 2.675 KL menjadi total 453.126 KL terdiri atas premium 232.915 KL, solar 219.712 KL dan pertamax 2.706 KL.

Kemudian penambahan armada 15 mobil tanki dan switching armada mobil tanki dengan mengoptimalkan armada mobil tanki solar dan armada angkutan industri.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak DLLAJ untuk prioritas mobil tanki BBM apabila terjadi kemacetan untuk prioritas mobil tanki agar bisa lewat terutama di jalur lintas mudik yang sering mengalami kemacetan.

Untuk memastikan pendistribusian BBM kepada masyarakat berjalan lancar, Pertamina telah membentuk tim satgas Idul Fitri yang terdiri atas kantor unit marketing operation region II, terminal BBM, depot elpiji, Hiswana Migas dan perwakiilan pengawas serta operator SPBU.

Pertamina berkomitmen untuk terus melakukan penyaluran BBM sesuai kebutuhan riil di lapangan, terutama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat pada saat Idul Fitri, katanya.