Polres OKU tingkatkan patroli di gudang logistik Pilkada 2024

id Pengamanan polisi, gudang logistik, Pilkada 2024, Polres OKU

Polres OKU tingkatkan patroli di gudang logistik Pilkada 2024

Anggota Polres OKU melakukan pengamanan di gudang logistik KPU OKU. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan meningkatkan patroli di gudang KPU wilayah setempat untuk memastikan seluruh logistik Pilkada 2024 tersimpan dengan aman hingga proses pemilihan nanti.

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni melalui Kasi Humas IPTU Ibnu Holdon di Baturaja, Rabu mengatakan bahwa pihaknya telah mengambil langkah-langkah untuk memperketat pengamanan di gudang tempat penyimpanan logistik Pilkada 2024 milik KPU di Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur.

"Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten OKU," katanya.

Holdon mengatakan, pihaknya meningkatkan patroli dan pengawasan di sekitar gudang untuk mencegah kemungkinan terjadinya tindakan yang dapat mengganggu proses pemilu.

Patroli dan pengawasan secara rutin di sekitar gudang penyimpanan logistik tersebut dilakukan untuk mencegah adanya potensi gangguan atau tindakan kriminalitas.

"Ada puluhan personel yang patroli dan berjaga 1x24 jam secara bergantian di gudang logistik. Mereka wajib lapor mengenai kondisi pengamanan setiap pergantian shift jaga," tegas dia.

Selain memeriksa fisik logistik, personel di lapangan juga mengecek sistem keamanan gudang, termasuk keberadaan CCTV, APAR, dan peralatan pengamanan lainnya yang memadai.

Petugas yang disiagakan juga ditekankan untuk mengantisipasi logistik dari kemungkinan kerusakan akibat air hujan dan kebakaran. 

Termasuk meningkatkan kewaspadaan dengan membatasi akses keluar masuk pada gudang logistik dan mengharuskan setiap tamu melapor pada petugas yang berjaga.

Sebelumnya, sebanyak 555.724 surat suara untuk kebutuhan Pilkada serentak 2024 tiba di Kabupaten OKU pada Sabtu (19/10) sekitar pukul 17.40 WIB dalam keadaan baik dan aman.

Ketua KPU OKU Rahmad Hidayat mengatakan bahwa surat suara yang kini tersimpan di gudang logistik tersebut meliputi 276.862 lembar surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU dan 276.862 lembar untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel.

Kemudian, terdapat tambahan sebanyak 2.000 lembar surat suara khusus untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU yang disiapkan untuk PSU untuk mengantisipasi jika nanti diperlukan.

"Total keseluruhan surat suara yang kami terima sebanyak 279 koli atau 555.724 lembar. Sebelumnya kami juga sudah menerima 3.416 kotak dan bilik suara untuk kebutuhan Pilkada 2024 di Kabupaten OKU," ujarnya.