Bukit Asam restorasi padang lamun di Kawasan Cuku Nyinyi Lampung

id bukit asam,ptba,restorasi ekosistem,padang lamun,ekosistem laut

Bukit Asam restorasi padang lamun di Kawasan Cuku Nyinyi Lampung

Penanaman padang lamun yang dilakukan oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Pelabuhan Tarahan bersama Kelompok Tani Hutan (KTH), Bina Jaya Lestari di Kawasan Ekowisata Cuku NyiNyi, Desa Sidodadi, Lampung pada Senin (23/9/2024) (ANTARA/HO-PT Bukit Asam Tbk)

Jakarta (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota dari Holding BUMN Pertambangan MIND ID, menggandeng Kelompok Tani Hutan (KTH) Bina Jaya Lestari melakukan restorasi padang lamun berupa penanaman bibit lamun di Kawasan Ekowisata Cuku Nyinyi, Desa Sidodadi, Lampung.

General Manager PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Pelabuhan Tarahan, Hengki Burmana mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar.

“Kami menargetkan penanaman sebanyak 10.000 bibit lamun di area seluas 1 hektar di Cuku Nyinyi," kata Hengki dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Padang lamun adalah ekosistem bawah laut yang dibentuk oleh lamun, yang memiliki peran penting bagi kehidupan laut dan masyarakat pesisir, terutama sebagai habitat bagi berbagai biota laut, seperti ikan-ikan kecil, kerang dan sebagainya. Selain itu, padang lamun menyerap karbon dan melindungi pantai dari abrasi.