Petugas Lapas Kayu Agung kembali gagalkan penyelundupan sabu dalam gorengan

id Petugas Lapas, lapas kayu ggung, kembali gagalkan, penyelundupan, narkoba, sabu, sabu dalam gorengan

Petugas Lapas Kayu Agung kembali gagalkan penyelundupan sabu dalam gorengan

Petugas Lapas Kayu Agung gagalkan penyelundupan sabu dalam gorengan dan mengamankan dua narapidana diduga pemesan barang tersebut (ANTARA/HO/Kemenkumham SS/24)

Palembang (ANTARA) - Komitmen Kanwil Kemenkumham Sumsel dalam mengatasi peredaran Halinar (Handphone, Pungli, dan Narkotika) di lingkungan lapas terbukti, Sabtu (31/8) pagi petugas Lapas Kelas II B Kayu Agung kembali menggagalkan masuknya narkoba jenis sabu yang diselipkan di dalam bungkusan gorengan. 

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya menjelaskan bahwa penyelundupan tersebut terungkap saat petugas Penjaga Pintu Utama (P2U) melakukan pemeriksaan rutin terhadap barang titipan berupa makanan untuk warga binaan. 

"Petugas kami mencurigai adanya ketidaksempurnaan dari bungkusan gorengan tersebut, sehingga saat diperiksa benar ditemukan satu bungkus plastik bening berisikan sabu terselip di bungkusan gorengan," ungkap Ilham. 

Diketahui, bahwa paket haram tersebut dibawa oleh sopir travel dalam bungkus gorengan dan hendak dikirimkan ke Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan inisial RA dan LP.

Untuk itu, Ilham menyampaikan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Satuan Narkoba Polres OKI guna proses lebih lanjut. 

"Teruntuk dua WBP tengah dilakukan pemeriksaan kepolisian Polres Ogan Komering Ilir (OKI). Sedangkan untuk pengirim masih dilakukan penyelidikan," lanjutnya. 

Kakanwil Kemenkumham Sumsel mengapresiasi kinerja petugas pemasyarakatan dan memastikan bahwa seluruh jajarannya akan senantiasa berkomitmen mencegah peredaran narkoba pada lapas/rutan di Sumsel, melalui sistem pengamanan yang ketat dan sesuai prosedur.

Sementara itu Kepala Lapas Kelas II B Kayu Agung Jepri Ginting menuturkan bahwa penggagalan penyelundupan sabu ini adalah kali ketiga selama bulan Agustus dan peristiwa kemarin menambah daftar pemberantasan peredaran narkoba di lingkungan lapas.