Indonesia kembali juara Piala AFF U-19

id timnas pssi, timnas U-19, Piala AFF U-19

Indonesia kembali juara Piala AFF U-19

Timnas U-19 Indonesia menjadi juara Piala AFF U-19 setelah pada partai final mengalahkan Thailand 1-0 (1-0) yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin (29/7/2024). Antara/HO/schoot-Ids

Surabaya, Jatim (ANTARA) - Timnas U-19 Indonesia menjadi juara Piala AFF U-19 setelah pada partai final mengalahkan Thailand 1-0 (1-0) yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin (29/7/2024).

Gol kemenangan tim "Merah Putih" dilesakan pemain naturalisasi Jan Ravens pada babak pertama. Timnas Indonesia yang dimotori kapten tim Dony Tri Pamungkas berhasil mempertahankan kemenangan, meski pada akhir babak kedua dikurung para penyerang Thailand U-19.

Indonesia berhasil mengulang sukses menjadi juara U-19 setelah terakhir meraih pada 2013  lalu, yang juga dibesut oleh pelatih Indra Safri.

Keberhasilan Timnas U-19 disambut sukacita disambut suka cita oleh penonton Merah Putih yang memadati stadion Gelora Bung Tomo Surabaya  itu.

Sukses tim dilengkapi dengan keberhasilan kapten tim Dony Tri Pamungkas yang menjadi best player pada pertandingan itu.

Pelatih Indra Syafri menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PSSI dan masyarakat Indonesia yang mendukung kipra tim asuhannya. Ia menyebutkan hasil di Piala AFF U-19 ini bukan akhir perjuangan, namun merupakan target antara untuk mencapai prestasi dan hasil yang lebih baik lagi di masa mendatang.

"Terima kasih kepada PSSI dan masyarakat Indonesia yang telah mensuport sata secara penuh bersama tim ini, terima kasih," kata Indra Syafri.

Ia mengajak semua elemen untuk terus bersatu dan bahu membahu membangun sepak bola Indonesia agar lebih berprestasi.

"Ayo semua bersatu membangun kekuatan sepak bola Indonesia, seperti para penonton di sini yang bersatu untuk mendukung tim ini. Hanya dengan bersatu kita bisa mencapai hasil yang lebih baik," kata Indra Syafri.

Sementara itu pencetak gol tunggal sekaligus gol kemenangan pada pertandingan itu Jens Ravens sangat emosional. Ia menangis haru sejak pluit panjang dibunyikan wasit.

Dengan membawa Bendera Merah Putih, ia tak henti mengeluarkan air mata bahagia dan tampak begitu emosional dengan gelar juara yang raihnya pada pertandingan itu.

Di puncak penghargaan juara, hadir Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan General Secretaris AFF Winston Lee menyerahkan medali juara kepada para pemain Indonesia, Thailand (runner up) dan Australia (juara III).

Timnas U-19 Australia meraih juara ketiga setelah mengalahkan Malaysia melalui adu penalti 5-3.