Ustadz Maulana berikan tausiyah Tahun Baru Islam di Mesjid Al Amir Banyuasin

id sumsel, banyuasin, ustadz maulana, pj bupati banyuasin

Ustadz Maulana berikan tausiyah Tahun Baru Islam di Mesjid Al Amir Banyuasin

Ustadz Maulana saat memberikan tausiyahnya pada peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah di Mesjil Al Amir Kompleks Pemkab Banyuasin di Pangkalan Balai. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) - Penceramah kondang asal Kalimantan, Ustadz Maulana, hadir memberikan tausiyah peringatan Tahun baru Islam 1446 Hijriyah di Mesjid Al Amir di Kompleks Pemerintahan Kabupaten Banyuasin, Jumat (19/7/2024).

Dengan gayanya panggilannya khas "Jamaah, O Jamaah, Alhamdulillah", Ustadz Maulana memberikan tausiyahnya yang diselingi candaannya yang membuat hadirin begitu antusias.  

Sementara itu Penjabat Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam menyebutkan Tahun baru Islam 1446 H/2024 M, bukan hanya sekadar pergantian kalender, tetapi merupakan momen Hijrah menjadi lebih baik untuk memperkuat hubungan kita sebagai manusia atau hamba dengan Allah SWT.

Ia mengatakan salah satu makna penting dari Hijrah itu adalah bagaimana kita dapat memaknai Hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta mengimplementasikan nya dengan menebar rahmat bagi semesta alam, berhijrah, memang tidak selamanya bermakna berpindah dari satu tempat ke tempat yang baru.

Namun, hijrah memiliki banyak makna, untuk itu dalam setiap langkah kehidupan hendaknya kita senantiasa menghadirkan Allah SWT dalam hati dan pikiran.

Berhijrah bisa bermakna bertekad untuk mengubah diri demi meraih rahmat dan keridhoan Allah SWT. Selain itu, hijrah juga dapat diartikan sebagai salah satu prinsip hidup. seseorang dapat dikatakan hijrah jika telah memenuhi dua unsur, yaitu ada sesuatu yang ditinggalkan dan ada sesuatu yang ditujunya.

"Dengan mengimani kebesaran Allah SWT, kita dapat mengatasi setiap rintangan dan cobaan yang mungkin dihadapi di masa depan,” ungkapnya.