Kanwil Kemenkumham Sumsel wujudkan lapas produktifmenghasilkan PNBP

id Kanwil Kemenkumham Sumsel, wujudkan lapas produktif, lapas, rutan, pembinaan, lapas produktif, nilai tambah

Kanwil Kemenkumham  Sumsel wujudkan lapas produktifmenghasilkan PNBP

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto. ANTARA/Yudi Abdullah/24

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan berhasil mewujudkan sejumlah lembaga pemasyarakatan (lapas) di provinsi setempat sebagai lapas produktif menghasilkan penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Sekarang ini ada beberapa lapas di Sumsel yang produktif menghasilkan produk barang, jasa, dan makanan, untuk mendorong semua lapas dan rumah tahanan negara (rutan) produktif pada 4-6 Maret 2024 digelar bimbingan teknis bagi perwakilan 28 UPT Pemasyarakatan," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Bambang Haryanto, di Palembang, Selasa.

Salah satu lapas yang produktif yakni Lapas Perempuan Palembang karena warga binaannya produktif menghasilkan aneka jenis kue dan roti serta menjualnya di toko kue lapas yang menghasilkan PNBP jutaan rupiah.

Menurut dia, untuk mendorong semua lapas produktif, pihaknya mengadakan bimbingan teknis kegiatan kerja dan produksi bagi pelaksana di Bidang Kegiatan Kerja dan Produksi Tahun Anggaran 2024.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas pemasyarakatan dalam melaksanakan program latihan kerja dan kegiatan kerja produksi bagi warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan).