96 ribu KPM OKU Raya terima bantuan pangan pemerintah

id KPM OKU Raya, tiga kabupaten, bantuan pangan pemerintah, Perum Bulog OKU

96 ribu KPM OKU Raya terima bantuan pangan pemerintah

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah menyerahkan bantuan pangan pemerintah secara simbolis kepada KPM di wilayahnya, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 96 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) di Ogan Komering Ulu (OKU) Raya, Sumatera Selatan, menerima bantuan pangan pemerintah berupa beras untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kepala Bulog OKU Julkhaidar Romadhon di Baturaja, Selasa, mengatakan bahwa OKU Raya tersebut mencakup tiga kabupaten yaitu OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan.

Dia menjelaskan, setiap kabupaten disalurkan sebanyak 240 ton untuk wilayah OKU, 397 ton OKU Timur dan 324 ton untuk Kabupaten OKU Selatan.

"Total beras bantuan pangan untuk OKU Raya ini sekitar 960 ton yang diperuntukkan bagi 96 ribu KPM," katanya.

Mekanisme penyaluran bantuan pangan tersebut masih sama seperti sebelumnya yaitu setiap warga mendapat jatah beras sebanyak 10 kilogram.

Hanya saja, kata dia, dalam pendistribusian bantuan pangan kali ini pihaknya menggandeng PT Pos Indonesia di wilayah masing-masing agar penyalurannya lebih cepat dan maksimal.

"Jadi mulai hari ini masyarakat di OKU Raya yang tercatat sebagai penerima bantuan dapat segera mengambil jatah beras di Kantor Pos wilayah masing-masing," jelasnya.

Jul memastikan beras yang disalurkan tersebut sangat layak dikonsumsi karena telah dilakukan pengecekan kualitas terlebih dahulu sebelum didistribusikan kepada masyarakat penerima bantuan.

"Untuk kualitas beras yang dibagikan yaitu medium dan kami jamin sangat layak dikonsumsi oleh masyarakat," tegasnya.

Ia berharap dengan bantuan ini dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat di tengah lonjakan harga pangan di pasaran khususnya pada komoditas beras yang saat ini sedang melonjak di pasaran.