Mahasiswa ASEAN ikut PKM III PTKIN se-Sumatera dan Asia Tenggara di UIN Jambi

id pkm ptkin, mahasiswa asean,pekan kreatifitas, jambi, sumsel

Mahasiswa ASEAN ikut PKM III PTKIN se-Sumatera dan Asia Tenggara di UIN Jambi

Mahasiswa dari sembilan negara di Asia Tenggara ikut ambil bagian pada Pekan Kreatifitas Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Negeri (PKM III PTKIN) se-Sumatera dan Asia Tenggara 2023 yang diselenggarakan di UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi. (ANTARA/HO/FadliAlqodri)

Jambi (ANTARA) - Mahasiswa dari sembilan negara di Asia Tenggara ikut ambil bagian pada  Pekan Kreatifitas Mahasiswa  Perguruan Tinggi Islam Negeri (PKM III PTKIN) se-Sumatera dan Asia Tenggara 2023 yang diselenggarakan di UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Ajang kompetisi PKM ke III  PTKIN 2023 melibatkan 22 PTKIN di Sumatera, dan mahasiswa dari sembilan Perguruan Tinggi Islam dari negara Asia Tenggara yakni Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

"Melalui penyelenggaraan PKM III yang diselenggarakan di UIN Jambi kali ini merupakan kegiatan paling istimewa dengan hadirnya peserta dari perguruan tinggi islam  di Asia Tenggara. Sehingga gelaran kompetisi ini tidak hanya berskala regional tetapi berskala internasional," kata Kepala Sub Bidang Kemahasiswaan dan Sarpras Kementerian Agama RI Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan

Perhelatan kompetisi digelar secara hybrid dengan daring dan luring. Ada 1530 yang berkompetisi di 33 cabang lomba yang meliputi bidang ilmiah, seni, dan olahraga.

Diselenggarakannya PKM ke-III juga menjadi wadah pembinaan prestasi, karakter, mental spiritual, dan aklah antar para peserta, serta memperkokoh persaudaraan kebangsaan dan identitas Indonesia menuju Indonesia unggul di tahun 2045.

Ia juga memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang memberikan nuansa berbeda dalam PKM kali ini dengan hadirnya peserta dari perguruan tinggi islam Asia Tenggara.

Pembukaan PKM III ini turut dihadiri dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Ketua Forum Rektor PTKIN Se-Sumatera Prof Nyayu Khodijah, para Rektor dan Ketua PTKIN se-Sumatera, Para Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Kepala Biro PTKIN se-Sumatera, serta perwakilan PTI se-Asia Tenggara secara virtual.
 
Sementara itu, Ketua Forum Rektor PTKIN Se-Sumatera Prof Nyayu Khodijah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Rektor dan seluruh panitia pelaksana PKM III yang telah mempersiapkan acara berskala nasional dan internasional ini dengan baik.

Prof Nyayu yang juga Rektor UIN Raden Fatah Palembang mengatakan ajang PKM Se-Sumatera adalah upaya pimpinan PTKIN Se-Sumatera dalam rangka meningkatkan kreatifitas dengan menggali potensi yang dimiliki mahasiswa agar dioptimalkan dan dikembangkan untuk mengikuti ajang lain pada level nasional maupun internasional.
 
“Percaya diri dalam berkompetisi dan jadikan harapan sebagai motivasi. Raihlah kemenangan dengan menjunjung sportifitas dan jadikan PKM ini bagi peserta sebagai peningkatan potensi dan pengembangan diri,” ujar Prof Nyayu.