Museum pahlawan nasional A.K Gani pameran bersama di Palembang, 23-29 November

id Museum pahlawan nasional A.K Gani, museum, pameran bersama, museum di Palembang, museum balaputra dewa, museum ak gani

Museum pahlawan nasional A.K Gani pameran bersama di Palembang, 23-29 November

Kepala Museum dr A.K Gani, Priyanti Gani (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Pengelola museum pahlawan nasional Mayjen TNI (Purn) dr A.K Gani mengikuti pameran bersama di museum negeri Balaputra Dewa Palembang pada 23-29 November 2022 dalam rangka menyemarakkan Hari Pahlawan.

Melalui pameran bersama, selain koleksi benda pusaka, warisan zaman Kesultanan Palembang dan Kerajaan Sriwijaya, pengunjung juga bisa melihat koleksi benda peninggalan A.K Gani dan dokumen penting pada masa perjuangan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, kata Kepala Museum dr A.K Gani, Priyanti Gani di Palembang, Senin.

Kegiatan pameran bersama yang difasilitasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel itu, dalam beberapa tahun terakhir rutin diikuti pihaknya.

"Melalui kegiatan tersebut diharapkan museum dr A. Gani bisa mendapat perhatian lebih besar dari masyarakat dan semakin dikenal sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung ke museum kami," ujarnya.

Dia menjelaskan, orang tuanya Mayjen TNI (Purn) dr A.K Gani mendapat gelar Pahlawan Nasional pada 2007 semasa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dikenal luas sebagai seorang dokter, namun keahliannya di bidang politik, militer, seni, pemerintahan dan ekonominya diakui dalam sejarah Indonesia serta memiliki andil besar karena menjaga Ir Soekarno selama dua bulan di Palembang sebelum sang proklamator diasingkan ke Bengkulu.

A.K Gani menjadi orang pertama yang mengibarkan Bendera Merah Putih dan membacakan Teks Proklamasi di Kota Palembang.

Jabatan tertingginya A.K Gani yakni menjadi Wakil Perdana Menteri merangkap Menteri Kemakmuran pada Kabinet Amir Sjarifudin I pada 1946 - 1948.

Namanya juga diabadikan menjadi nama rumah sakit militer Kesdam II Sriwijaya di kawasan Benteng Kuto Besak Palembang, karena orang tuanya sebagai Pangdam II Sriwijaya pertama sekaligus Gubernur Sumsel pada tahun 1949, kata Priyanti Gani.

Sementara Kepala Museum Balaputra Dewa, Chandra Amprayadi menambahkan hingga 29 November 2022 pihaknya menggelar pameran museum bersama.

Masyarakat yang akan melihat koleksi benda bersejarah dan koleksi pahlawan nasional A.K Gani bisa mengunjungi museum tersebut hingga Selasa (29/11), ujar Chandra.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Museum pahlawan nasional A.K Gani pameran bersama di Palembang